Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 26 Apr 2022 WIB ·

DLH Aceh Selatan, Kembali Ukur Kualitas Udara Ambien


					DLH Aceh Selatan, Kembali Ukur Kualitas Udara Ambien Perbesar

ACEH SELATAN – Sehubungan dengan kekhawatiran akan terjadinya penurunan kualitas udara beserta dampak negatifnya bagi makhluk hidup, dan bangunan-bangunan fisik, dinas Lingkungan Hidup kabupaten Aceh Selatan kembali melakukan pemantauan kualitas udara ambien di Tapaktuan.

Hal ini disampaikan Plt. Kadis Lingkungan Hidup, Teuku Masrizar saat menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut di Tapaktuan, Selasa (26/4/2022).

“Pemantauan kualitas udara ambien salah satunya dapat dilakukan dengan metode passive sampler yang merupakan metode sederhana untuk pengukuran kualitas udara ambien dengan menggunakan parameter ukur SO2 dan NO2,” jelasnya.

Baca Juga:  Sejumlah Komoditas Bahan Pokok Di Aceh Selatan Mangalami Lonjakan Harga

Ia melanjutkan kegiatan pemantauan udara ambien tersebut bertujuan untuk menyatakan atau menyimpulkan kondisi kualitas udara di provinsi dalam bentuk Indeks Kualitas Udara (IKU) Provinsi yang merupakan salah satu komponen dari Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH).

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 14 hari kerja terhitung sejak tanggal 26 April hingga 10 Mei 2022, pengambilan sampel dilakukan 2 kali dalam setahun untuk mewakili musim kemarau dan musim penghujan,” lanjutnya.

Baca Juga:  Kapolres Aceh Selatan jalin silaturahmi dengan Ulama

Ia mengatakan pemaparan sampel passive sampler selama 14 hari, serta di lakukan pengamatan lapangan tentang kondisi tiang, cuaca dan lokasi pemantauan.

Sementara petugas Passive Sampler, Syairul Basni, SKM mengatakan Lokasi pengambilan passive sampler berada 4 titik yang tersebar di kecamatan Tapaktuan dan Samadua yang mewakili kondisi kawasan komersil (perkantoran yang tidak berpengaruh langsung transportasi), pemukiman padat penduduk (urban background), daerah/kawasan industri dan daerah padat transportasi (jalan utama yang lalu lintasnya padat).

Baca Juga:  Fokusgampi Apresiasi Kadis Kominsa Aceh atas perolehan Peringkat 1 Nasional AMC Daerah 2024

“Untuk lokasi pengambilan dan pemasangan passive sampler di lokasi sebagai berikut, Transportasi di jalan Mardeka, kawasan industri di Komplek DPRK, kawasan Pemukiman di Perumnas Gampong Arafah Samadua dan kawasan Perkantoran di Komplek Kantor Bupati Aceh Selatan,” tandasnya.(Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Wali Santri MUQ Aceh Selatan Menangis Bahagia, Ucapakan Terimakasih Pada Direktur dan Seluruh Guru

19 Mei 2024 - 17:11 WIB

Menkominfo: Starlink Tak Dapat Insentif dari Pemerintah

19 Mei 2024 - 16:48 WIB

Elon Musk Resmikan Starlink di Puskesmas Bali, Jokowi Batal Hadir

19 Mei 2024 - 15:05 WIB

Presiden Jokowi ke Bali Buka KTT World Water Forum Ke-10

19 Mei 2024 - 14:08 WIB

BNPT Pastikan Keamanan World Water Forum ke-10 dari Aksi Terorisme

19 Mei 2024 - 08:15 WIB

Ada Dugaan Intervensi di Kasus Vina Cirebon, DPP GMI Kepolisian Minta Segera Propam Turun Tangan

19 Mei 2024 - 07:27 WIB

Trending di Kriminal