Menu

Mode Gelap

Headline · 14 Mei 2022 WIB ·

Antisipasi Penyebaran PMK, Kapolsek Kluet Selatan Ajak Pihak Terkait Data Ternak


					Antisipasi Penyebaran PMK, Kapolsek Kluet Selatan Ajak Pihak Terkait Data Ternak Perbesar

ACEH SELATAN – Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan ternak di wilayah kecamatan Kluet Selatan, Kapolsek Kluet Selatan AKP. Andrianus T, SE beserta personil dan pihak terkait melakukan pendataan ternak warga di desa Jua, Sabtu (14/5/2022).

Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho, melalui Kapolsek Kluet Selatan AKP. Andrianus mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai arahan pimpinan dalam merespon wabah PMK yang saat ini telah terjadi di beberapa wilayah di provinsi Aceh.

Baca Juga:  Poltas Gelar Pemilihan Ketua Senat

“Saat ini kita masih melakukan pendataan terhadap ternak warga dengan melibatkan pihak kesehatan hewan, kecamatan dan Keuchik Gampong,” ucapnya kepada Krusial.com.

Kapolsek juga memberikan edukasi dan sosialisasi pencegahan penularan PMK kepada pemilik ternakserta memaparkan ciri-ciri hewan ternak terkena wabah PMK.

” Ciri-ciri umum yang bisa diketahui diantaranya demam tinggi pada hewan dengan suhu 39-41°C, keluar lendir berlebihan dari mulut serta berbusa, adanya luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut serta lidah,” terangnya.

Baca Juga:  Koramil 06/KU Berikan Arahan dan Pembekalan Bagi Calon Prajurit TNI AD

Selain itu lanjutnya, pada hewan yang terpapar PMK juga ditemukan gejala mengalami pincang, luka pada kaki, kukunya terlepas, nafsu makan rendah, lemas, gemetar, pernapasan cepat, semakin kurus, dan produksi susu yang menurun.

“Gejala ini perlu diawasi dan dilaporkan segera jika ditemukan pada hewan ternak agar dapat diantisipasi penularan,” tandas AKP. Andrianus.(Safdar. S)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional