Menu

Mode Gelap

Berita · 13 Jul 2022 WIB ·

Warga Kembali Keluhkan Tingginya Sejumlah Harga Bahan Pokok


					Kondisi Pasar Tradisional Kotafajar Kecamatan Kluet Utara, Rabu (13/7/2022) Perbesar

Kondisi Pasar Tradisional Kotafajar Kecamatan Kluet Utara, Rabu (13/7/2022)

ACEH SELATAN – Sejumlah bahan pokok makanan masih berada pada harga yang relatif mahal di Aceh Selatan, sejumlah komoditas pokok yang terpantau mahal adalah seperti cabai merah, cabai rawit, tomat, dan bawang.

Zulkifli salah seorang konsumen di pasar tradisional Kotafajar kecamatan Kluet Utara mengatakan tingginya harga komoditas pokok saat ini sangat berdampak bagi ekonominya. Tingginya harga pada bahan pokok juga berdampak pada pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari dan terpaksa harus berhemat.

Baca Juga:  Pj Sekda Aceh Tutup Bazar UMKM Expo Aceh Besar

“Untuk membeli cabai bawang dan tomat saja kami harus mengeluarkan biaya yang besar, hal ini tentu tidak lagi seimbang dengan pendapatan yang kami miliki, apalagi saat ini lapangan kerja dan penghasilan kami masyarakat ini pas-pasan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Ia melanjutkan, saat ini kondisi ekonomi masyarakat masih belum terlalu pulih akibat pandemi Covid-19, kenaikan sejumlah barang  juga semakin mengkhawatirkan, untuk itu ia berharap agar pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk kembali menstabilkan harga bahan pokok di pasaran.

Baca Juga:  Menuju BUMG Mandiri, Unit Usaha Tulung Mulung Gampong Sapik, Luncurkan Beras Kemasan

Sementara itu, Hasan salah seorang pedagang di pasar tradisional Kotafajar mengatakan tingginya harga beberapa bahan pokok belakangan ini merupakan faktor dari mahalnya harga pupuk yang dibeli petani sehingga petani lokal terpaksa menjual hasil panennya dengan harga yang lumayan mahal.

“Kami membeli beberapa bahan pokok ini pada petani lokal di Aceh Selatan, menurut petani mereka terpaksa menaikkan harga hasil panennya karena ada kenaikan dan kelangkaan pupuk,” ucapnya.

Baca Juga:  Diskominsa Kabupaten Aceh Jaya Buka Lowongan Kerja Gelombang II Gaji 7 Hingga 8 Jutaan

Menurutnya Hasan, saat ini untuk harga cabai rawit masih bertengger pada harga Rp.90.000 hingga Rp.100.000 per kilogramnya, sementara harga cabai merah Rp.50.000 per kilogramnya, sedangkan tomat masih bertahan pada harga Rp.12.000 perkilogram dan bawang merah Rp.60.000 perkilogram.

“Kita berharap ada penurunan harga, sebab kenaikan harga ini juga mempengaruhi daya beli konsumen kami,” harapnya.(Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Mahmuddin Terpilih Sebagai Ketua HIMPASAY Yogyakarta

16 Juni 2024 - 11:34 WIB

Trending di News