Menu

Mode Gelap

Berita · 27 Jun 2022 WIB ·

Tutup Pendidikan Kader Ulama, Ketua MPU Aceh Selatan: Perkuat Persatuan Ulama Bentengi Pendangkalan Akidah


					Ketua MPU Aceh Selatan, Wakil Ketua Dan Kasek MPU Aceh Selatan Photo Bersama Peserta Terbaik PKU Aceh Selatan Putri, Tapaktuan, Minggu (26/6/2022) Perbesar

Ketua MPU Aceh Selatan, Wakil Ketua Dan Kasek MPU Aceh Selatan Photo Bersama Peserta Terbaik PKU Aceh Selatan Putri, Tapaktuan, Minggu (26/6/2022)

ACEH SELATAN – Bentengi upaya pendangkalan akidah dengan memperkuat ukhuwah dan persatuan para calon ulama, hal ini disampaikan Ketua MPU Aceh Selatan, Tgk. H. T. Armia Ahmad, saat menutup Pendidikan Kader Ulama MPU Aceh Selatan tahun 2022 yang berlangsung selama 20 hari di Tapaktuan, Minggu (26/6/2020).

Lebih lanjut “Abon Armia” berpesan, agar hubungan silaturahmi dan koordinasi harus ditingkatkan para alumni PKU dalam menyelesaikan berbagai persoalan, termasuk upaya-upaya pendangkalan akidah yang semakin marak dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

Selain itu, Ketua MPU Aceh Selatan ini juga meminta para kader ulama agar dapat mengaplikasikan berbagai ilmu yang di dapatkan dalam PKU tersebut kepada masyarakat.

Baca Juga:  Baru Seminggu Keluar Dari Penjara, Residivis Kembali Beraksi Curi Kotak Amal

“Dengan selesainya PKU tidak berarti tugas para ustazah-ustazah telah selesai, namun tugasnya justru bertambah, dalam memberikan dakwah dan menyelesaikan masalah keumatan di tengah masyarakat,” pesan Abon.

Pada penutupan PKU tahun 2022 juga diumumkan peserta terbaik angkatan kedua sebagai berikut :

1. Ustazah Nailil Muna alumni dayah Mudi Mesra Samalanga guru Dayah Sirajul ‘Ibad utusan Trumon Timur.
2. Ustazah Andry Novayanti alumni Dayah Darul Ihsan guru Dayah Baburrasyad Al Aziziyah utusan Pasie Raja.
3. Ustazah Monalisa alumni Dayah Ashabul Yamin Bakongan, Utusan Kecamatan Bakongan.

Pendidikan Kader Ulama merupakan salah satu tugas MPU Kabupaten/Kota sebagaimana dijelaskan dalam Qanun Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Majelis Permusyawaratan Ulama. Pendidikan Kader Ulama (PKU) tahun 2022 yang dibuka pada 18 Mei 2022 yang lalu dengan dua gelombang. Gelombang pertama dimulai tanggal 18 Mei 2022 hingga 6 Juni 2022 untuk Putra atau Teungku dan untuk Gelombang Kedua 7 hingga 26 Juni 2022 untuk putri atau ustazah.

Baca Juga:  Penyampaian Rancangan Qanun Nagan Raya 2023

Masing-masing gelombang diikuti sebanyak 36 peserta dan masing-masing selama 20 hari bertempat di Dian Rana Hotel Tapaktuan.

Beberapa materi penting untuk putra atau Teungku adalah fiqh mukaram yang di sampaikan langsung oleh Ketua MPU Aceh dan ilmu tauhid dan tasawuf disampaikan oleh ketua MPU Aceh Selatan, sementara itu, materi tarikh Kebudayaan Islam yang di sampaikan oleh prof . Dr. Misri A Muchsin MA, disamping materi pokok penting lainnya.

Baca Juga:  Menghadapi Akreditasi, Puskesmas Kluet Selatan Melakukan Berbagai Persiapan

Sementara untuk materi putri, ada ilmu akhlak dan tasawuf di sampaikan oleh Tgk Rusmadi, kesehatan reproduksi di sampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Samsidar S,KM , Ilmu fiqh wanita di sampaikan oleh Ustazah Rasyidah, disamping itu juga materi pokok lainnya yang sifatnya wajib dikuasai oleh calon ulama.

Kegiatan tersebut juga ikut dihadiri Wakil Ketua II MPU Aceh Selatan Tgk. Zaimansyah, Kepala Sekretariat MPU Aceh Selatan Anakhi, SP dan seluruh jajaran sekretariat MPU Aceh Selatan.(Safdar.S)

Artikel ini telah dibaca 54 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan