Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Mei 2022 WIB ·

Terima Audiensi Warga Bakotim, DPRK Aceh Selatan : Kami Akan Segera Tindak Lanjuti Ke BKSDA


					Terima Audiensi Warga Bakotim, DPRK Aceh Selatan : Kami Akan Segera Tindak Lanjuti Ke BKSDA Perbesar

ACEH SELATAN – DPRK Aceh Selatan merespon dan menampung setiap aspirasi masyarakat Bakongan Timur yang disampaikan forum Keuchik Bakotim dan tokoh masyarakat Seulekat terkait lambannya penanganan konflik harimau dan warga paska terjadinya serangan terhadap salah satu petani warga Seulekat.

Dalam audiensi yang digelar diruangan Banda Musyawarah DPRK Aceh, Ketua DPRK Aceh Selatan, Amiruddin merespon setiap keluhan warga dan berjanji akan segera menindaklanjuti ke BKSDA Aceh.

“Kita menampung apa yang disampaikan masyarakat dan segera menindaklanjutinya ke BKSDA Aceh agar segera menangani keresahan warga tersebut dengan serius,” ucapnya saat diwawancarai Krusial.com, Selasa (24/5/2022).

Lebih lanjut, Amiruddin menambahkan bahwa saat ini masyarakat di kecamatan Bakongan Timur dan sekitarnya merasa resah dan terancam keselamatannya sejak kemunculan harimau di kawasan tersebut.

Baca Juga:  Anggota DPRK Aceh Selatan Mayoritas Lulusan SMA, Akankah Berpengaruh Terhadap Kinerja Dewan?

“Masyarakat di sana mayoritas pekebun yang tentu saja menggantung nasibnya pada hasil kebun, dengan berkeliarannya harimau di kebun warga ini akan sangat berdampak baik ekonomi maupun keselamatan,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, DPRK Aceh Selatan sepakat untuk segera menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut dan mendesak BKSDA Aceh untuk serius menangani teror harimau yang sangat meresahkan itu.

“Dalam waktu dekat ini kami meminta kesediaan BKSDA Aceh untuk beraudiensi serta kami hadirkan keterwakilan masyarakat serta para keuchik ke Banda Aceh,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan wakil ketua I DPRK Aceh Selatan, Adi Samridha, dirinya menyayangkan jika apa yang disampaikan Kepala Seksi Konservasi BKSDA wilayah II Subulussalam Hadi Sofyan di media ini sebelumnya dan salah satu televisi swasta beberapa waktu lalu berbanding terbalik dengan kenyataan maka hal itu harus segera di klarifikasi.

Baca Juga:  Patai Aceh Borong 5 Kursi DPRK Aceh Selatan

“Jika pernyataan itu tidak benar segera harus diberikan klarifikasi, kami berharap BKSDA memberikan penanganan yang serius,” timpalnya.

Sementara itu ketua komisi IV, Hadi Surya sangat sepakat untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat ini dengan langsung beraudiensi dengan BKSDA Aceh, dirinya meminta BKSDA melakukan upaya nyata di lapangan atau di sekitar kejadian untuk menangkap satwa yang dilindungi tersebut.

“Masyarakat kecewa dengan sikap BKSDA seakan ada himbauan dan menyatakan timnya siaga di lokasi, namun kenyataannya tidak demikian,” ucapnya.

Walaupun kecewa, lanjut Hadi, berdasarkan pernyataan dari para keuchik dan masyarakat dapat menjamin keamanan bagi tim BKSDA jika turun ke lapangan dan siap mendukung langkah-langkah penangkapan harimau yang berkeliaran di perkebunan warga.

Baca Juga:  Hasil Imbang Pada Laga Kontra Persela: Sergio Alexandre Mengaku Bangga

Disamping itu, Hadi juga meminta pihak BKSDA untuk memberikan konvensasi kepada korban dengan logika, jika masyarakat yang memburu harimau mendapat konsekwensi hukum maka jika masyarakat yang diserang harimau juga harus mendapat perhatian berupa biaya pengobatan dan biaya hidup masa penyembuhan.

“Ini baru berimbang logikanya,” timpal Hadi.

DPRK Aceh Selatan juga akan menyurati secara resmi dan mengajak bersama perwakilan masyarakat untuk beraudiensi guna mengambil langkah penanganan dan waktu tindakan dilakukan.

“Kami menjadwalkan besok dikirimkan surat untuk pertemuan hari Jum’at karena hari Kamis libur, Jum’at kami berencana sudah di Banda Aceh,” tutupnya.(Safdar.S)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan