Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Feb 2022 WIB ·

Tangan Korban Serangan Buaya Di Amputasi, Tim Medis RSUYA Rencanakan Pemasangan Tangan Palsu


					Tangan Korban Serangan Buaya Di Amputasi, Tim Medis RSUYA Rencanakan Pemasangan Tangan Palsu Perbesar

ACEH SELATAN – Hasanuddin (72) warga Ujung Tanoh kecamatan Trumon yang menjadi korban terkaman buaya di sungai Krueng Itam, diberikan tindakan amputasi pada bagian tangan sebelah kanannya yang hancur pasca diterkam buaya. Hal ini dibenarkan PLT. Direktur RSUD Yuliddin Away Tapaktuan, dr.Syahmadi Sp.pd, namun untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dirinya mempersilah Krusial.com untuk menghubungi dokter bedah yang menangani operasi tersebut.

Baca Juga:  Breaking News, Ngeri ! Sesosok Mayat Ditemukan Dengan Leher Tergorok

Dokter spesialis bedah yang memimpin proses operasi amputasi, dr. Marzawi Sofyan, Sp.B mengatakan usai melakukan penilaian terhadap area luka yang diterkam buaya tersebut, akhirnya tim mengambil inisiatif untuk melakukan amputasi setelah sebelumnya meminta persetujuan keluarga pasien.

Menurutnya, akibat insiden tersebut, jaringan lunak seperti daging urat-urat, otot dan pembuluh darah terputus dan hancur, termasuk juga tulang mengalami kerusakan hebat sehingga area telapak tangan tak dapat difungsikan lagi.

Baca Juga:  Pengadaian Gelar Kuliah Umum di Poltas, Ayok Berinvestasi Cerdas

“Hasil penilaian kita pada area tersebut disimpulkan tidak viable (tidak bisa dipertahankan lagi), atas persetujuan keluarga semalam (Rabu (23/2) kita lakukan operasi amputasi,” ucap dr. Marzawi Sofyan, Sp.B saat dihubungi Krusial.com melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (24/2/2022).

Dokter bedah ini melanjutkan, setelah dilakukan tindakan operasi amputasi kemudian Hasanuddin dirawat di ruang ICU untuk keperluan observasi dan pagi tadi sudah dipindahkan ke ruang rawat bedah.

Baca Juga:  Pelajar MTsN 1 Model Banda Aceh Menjuarai Lomba Kultum LDF Al Mizan USK

“Kondisi pasien saat ini sudah stabil dan diberikan rawat inap selama satu pekan dan dilanjutkan dengan rawat jalan sampai kondisinya kembali pulih,” terang Marzawi.

Ke depan lanjutnya, pihak medis RSUYA juga merencanakan pemasangan tangan palsu pada Hasanuddin agar menunjang aktivitas sehari-harinya.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Menkominfo: Starlink Tak Dapat Insentif dari Pemerintah

19 Mei 2024 - 16:48 WIB

Elon Musk Resmikan Starlink di Puskesmas Bali, Jokowi Batal Hadir

19 Mei 2024 - 15:05 WIB

Presiden Jokowi ke Bali Buka KTT World Water Forum Ke-10

19 Mei 2024 - 14:08 WIB

BNPT Pastikan Keamanan World Water Forum ke-10 dari Aksi Terorisme

19 Mei 2024 - 08:15 WIB

Ada Dugaan Intervensi di Kasus Vina Cirebon, DPP GMI Kepolisian Minta Segera Propam Turun Tangan

19 Mei 2024 - 07:27 WIB

Kemenag: Berhaji Tanpa Izin Haji Terancam Denda 10.000 Riyal

19 Mei 2024 - 06:35 WIB

Trending di Nasional