Menu

Mode Gelap

Headline · 6 Jan 2022 WIB ·

Poltas dan SDN 9 Tapaktuan Gelar Seminar Parenting


					Poltas dan SDN 9 Tapaktuan Gelar Seminar Parenting Perbesar

ACEH SELATAN –  Orang tua adalah pekerjaan yang paling berat untuk dilakukan seorang manusia. Menyelesaikan sejumlah tanggungjawab terkadang membutuhkan panduan dari seminar parenting.

Parenting juga merupakan bentuk dari interaksi anak dengan orang tua dan jalan bagi orang tua untuk memberikan pengetahuan dengan cara berbagai pengalaman dengan anak. Biasanya aktivitas parenting akan meliputi melindungi, memberi makan dan memberi petunjuk. Semua kegiatan ini adalah bagian dari interaksi yang memiliki kapasitas parenting.

Seminar parenting untuk merupakan cara untuk menjelaskan pada orang tua mengenai proses pendidikan anak yang baik. Banyak orang tua yang memiliki kesulitan untuk mendidik anaknya.

Baca Juga:  Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta bendera merah putih, Pemkab Aceh Selatan Bagikan Bendera Merah Putih

Kegiatan seminar parenting ini mengusung tema, “Seni berbicara efektif dengan anak agar dapat menjadi sahabat utamanya dalam menghadapi tantangan Era Milenial”, acara bertempat di aula kampus Poltas, Kamis, (06/01/22)

Kepala SDN 9 Tapaktuan Aceh Selatan Lailawarsiah, S.Pd dalam sambutannya mengatakan, dengan kegiatan seminar parenting ini menjadi edukasi bagi kita semua dalam meningkatkan pemahaman tentang pola asuh anak, dan menjadi sahabat anak, serta mampu menjadi panutan.

Pemateri seminar Rulia Hanifah, M.Psi. Psikolog yang juga dosen Poltas mengatakan, hari ini ada beberapa faktor yang sangat kuat mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya lingkungan dulu dan sekarang berbeda, beban pendidikan lebih berat dan pengaruh gadget dan internet yang begitu luas.

Baca Juga:  Disaksikan Wapres Ri, Bupati Aceh Selatan Terima Penghargaan UHC Award 2023

“Kondisi ini mulai tidak aman bagi anak, diberbagai media diberitakan, ada pengurus pesantren melakukan kekerasan seksual terhadap santrinya, dan begitu juga seorang guru yang melakukan perbuatan yang sama, dan kepada orang tua harus mengetahui lingkungan mana anak-anaknya bergaul”, kata Rulia

“Lingkungan dulu sangat peduli, tapi kini lebih cenderung apatis, sehingga menciptakan tatanan sosial yang buruk”, cetus Rulia

Keadaan ini diperparah lagi oleh orang tua yang terlalu sibuk tidak ada waktu untuk buah hatinya, sehingga gagal menjadi sahabat bagi anak-anaknya, kemudian anak lebih bersahabat dengan handphone dan internet. Pada akhirnya hal ini akan membuat orangtua menjadi “petani yang gagal panen karena tidak ada saat masa tanam”, imbuh Raulia.

Baca Juga:  KPU Tetapkan Prabowo Gibran sebagai Pemenang Pilpres 2024

Dengan kegiatan semacam ini diharapkan orangtua bersinergi bersama guru dan pihak sekolah, sehingga putra-putri kita di usia SD dapat menjadi generasi yang sehat secara fisik dan psikologis, pungkas Rulia.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Wali Santri MUQ Aceh Selatan Menangis Bahagia, Ucapakan Terimakasih Pada Direktur dan Seluruh Guru

19 Mei 2024 - 17:11 WIB

Menkominfo: Starlink Tak Dapat Insentif dari Pemerintah

19 Mei 2024 - 16:48 WIB

Elon Musk Resmikan Starlink di Puskesmas Bali, Jokowi Batal Hadir

19 Mei 2024 - 15:05 WIB

Presiden Jokowi ke Bali Buka KTT World Water Forum Ke-10

19 Mei 2024 - 14:08 WIB

BNPT Pastikan Keamanan World Water Forum ke-10 dari Aksi Terorisme

19 Mei 2024 - 08:15 WIB

Ada Dugaan Intervensi di Kasus Vina Cirebon, DPP GMI Kepolisian Minta Segera Propam Turun Tangan

19 Mei 2024 - 07:27 WIB

Trending di Kriminal