Menu

Mode Gelap

Berita · 14 Feb 2022 WIB ·

Peringati Hari Hidupan Liar Seluruh Dunia, BBTNGL Lepaskan 61 Ekor Tukik Penyu Belimbing


					Peringati Hari Hidupan Liar Seluruh Dunia, BBTNGL Lepaskan 61 Ekor Tukik Penyu Belimbing Perbesar

ACEH SELATAN – Dalam Rangka memperingati hari hidupan liar seluruh dunia (Global Wild Life Day), Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem melalui Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), melepaskan tukik penyu belimbing (Dermochelys Coriacea) di komplek stasiun konservasi penyu, desa Pasi Lembang, kecamatan Kluet Selatan, Senin (14/2/2022).

Pelepas liaran tukik ini juga dihadiri sejumlah pejabat diantaranya kepala dinas kelautan dan perikanan kabupaten Aceh Selatan, Dzumaeri. S.Pi.M, Kepala Nasional project manager GFA – BCCPGLE, Muhamad Chaerul. S. HUT.M.S.I, Kepala bidang wilayah I Tapaktuan, Agung Widodo.SH.MH, Camat Kluet Selatan, Muriadi.S, Kapolsek Kluet Seatan AKP. Adrianus. T.SE ,Bati Tuud koramil 0107- 07/KS Peltu Subhan.B, kepala STPN Wilayah II kluet utara BTPN wilayah I Tapaktuan, Teuku Irwansyah.S.Hut, dan Keuchik gampong Pasi Lembang, Zarkaci.

Baca Juga:  Buka Festival Pesona Barat Selatan, Tgk. Amran : Ini Sejalan Dengan Strategi Pembangunan Nasional

Dalam sambutannya, camat Kluet Selatan Muriadi.S mengatakan kegiatan pelepasliaran tukik tersebut bukan hal yang pertama dilaksanakan namun sudah beberapa kali dilakukan hal ini bertujuan untuk melestarikan kembali habitat penyu yang semakin terancam.

“Kegiatan ini dapat menjadi langkah baik agar kehidupan satwa liar di alam tetap terjaga dan dapat melakukan fungsinya sebagai bagian dari penyeimbang perubahan iklim dan ekosistem,” ucap camat.

Baca Juga:  Bhabinkamtibmas Polsek Tapaktuan dan Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Longsor

Pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung pelepasliaran penyu tersebut serta berterima kasih kepada panitia yang telah memilih desa Pasie Lembang sebagai lokasinya.

Sementara itu, kepala bidang wilayah I Tapaktuan Agung Widodo.SH.MH juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak yang telah mendukung pelepasliaran tukik tersebut, terutama pihak muspika dan pemerintah Gampong yang selama ini bersama masyarakat telah mendukung kelestarian penyu di stasiun konservasi penyu di Rantau Sialang.

Baca Juga:  Telah Dibuka, Pendaftaran Calon Anggota Pansel KIP Aceh Selatan

“Progam pelepasliaran penyu ini merupakan program rutin yang dilaksanakan di stasiun konservasi penyu Rantau Sialang, yang merupakan upaya pelestarian dan konservasi penyu mengingat keberadaanya yang sangat langka saat ini,” ucapnya.

Sebanyak 61 ekor tukik penyu belimbing dilepas liarkan dengan disaksikan warga dan pihak terkait lainnya.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Wali Santri MUQ Aceh Selatan Menangis Bahagia, Ucapakan Terimakasih Pada Direktur dan Seluruh Guru

19 Mei 2024 - 17:11 WIB

Menkominfo: Starlink Tak Dapat Insentif dari Pemerintah

19 Mei 2024 - 16:48 WIB

Elon Musk Resmikan Starlink di Puskesmas Bali, Jokowi Batal Hadir

19 Mei 2024 - 15:05 WIB

Presiden Jokowi ke Bali Buka KTT World Water Forum Ke-10

19 Mei 2024 - 14:08 WIB

BNPT Pastikan Keamanan World Water Forum ke-10 dari Aksi Terorisme

19 Mei 2024 - 08:15 WIB

Ada Dugaan Intervensi di Kasus Vina Cirebon, DPP GMI Kepolisian Minta Segera Propam Turun Tangan

19 Mei 2024 - 07:27 WIB

Trending di Kriminal