Menu

Mode Gelap

Berita · 2 Mei 2023 WIB ·

Pemkab Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah XXVII sekaligus Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023


					Sekda Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP. Foto: HO Perbesar

Sekda Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP. Foto: HO

Krusial.com | Aceh Selatan – Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII sekaligus dirangkaikan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 yang di laksanakan di Halaman Kantor Bupati Lama, Selasa (2/5/2023).

Turut dihadiri oleh Forkopimda Plus, Asisten Setdakab, Staf Ahli Kepala Daerah, Kepala SKPK, Kabag Setdakab, Camat Tapaktuan, Pimpinan Instansi Vertikal, Organisasi, Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemkab Aceh Selatan, Siswa/siswi dan Insan Pendidikan, Insan Pers, dan Undangan Lainnya.

Membacakan pidato Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, Cut Syazalisma S.STP menegaskan, esensi filosofis dari otonomi daerah adalah desentralisasi kewenangan, agar daerah mencapai kemandirian fiskal, salah satunya dengan menggali potensi sumber daya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (pad), serta memacu percepatan dan pemerataan pembangunan.

Baca Juga:  Dekom Harus Bertanggungjawab Terkait Polemik Pemilihan Dirut BAS

Selama ini, kata Cut Syazalisma, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (ipm), bertambahnya PAD, dan kemampuan fiskal daerah.

“Melalui program peningkatan pembangunan produk dalam negeri (P3DN), pemerintah berupaya untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, pemerintah juga menargetkan pada tahun 2023, angka stunting anak turun menjadi 17 persen secara nasional,” ujarnya.

Disamping itu juga, dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah melalui Mendikbudristek telah meluncurkan 24 episode Merdeka Belajar, hal ini bertujuan untuk membawa kita semakin dekat dengan cita-cita Ki Hajar Dewantara, yaitu mewujudkan Pendidikan yang menentukan bakat, minat, dan potensi peserta didik, agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat.

Baca Juga:  Tiba Di Kualanamu, Dengan Menggunakan Ambulans AZAM Jenazah Aidawati Langsung Dibawa Menuju Aceh Selatan

“Hadirnya platform “Merdeka Mengajar”, yang memberikan ruang untuk bebas berinovasi di kelas, serta mendorong pengembangan karakter dan kompetensi tenaga pendidik, hal itu berdampak pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang difokuskan pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” ungkap Cut Syazalisma.

Lanjutnya, para mahasiswa yang dulu hanya belajar teori dalam kelas, sekarang bisa mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program “Kampus Merdeka”, para kepala sekolah dan kepala daerah juga dapat melakukan data “Asesmen Nasional” di platform “Rapor Pendidikan”, untuk melakukan perbaikan kualitas layanan Pendidikan, di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga:  OSIM MTsN 1 Model Banda Aceh Gelar Pemira dengan Sistem e-Voting, Pasangan Muhammad-Ghufran Menang

“Bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan Gerakan Merdeka Belajar, Transformasi yang massif ini sudah sepatutnya disyukuri, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan Kerjasama kita semua,” tutupnya.

Adapun susunan para pelaku upacara yakni, Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP, Perwira Upacara Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan Akmal AH, S.Pd, Komandan Upacara Denny Safputra, S.STP, Pembaca Sejarah Singkat Otda Aijeal Mushawir, S.STP, dan Pembaca Doa Kemenag Aceh Selatan H. Dailami Hasmar, S.Ag.(*)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News