Menu

Mode Gelap

Berita · 16 Jul 2022 WIB ·

Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Skrining Sambut Kepulangan Jemaah Haji


					Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Skrining Sambut Kepulangan Jemaah Haji Perbesar

JAKARTA – Pemerintah telah mempersiapkan langkah antisipasi lonjakan kasus Covid-19 menghadapi masa kepulangan jemaah haji yang akan berlangsung hingga pertengahan Agustus 2022.

Pemerintah telah menyiapkan sistem skrining kesehatan berlapis sebagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19. Hal tersebut dijelaskan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro, seperti dilansir di laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia pada Jumat (15/7/2022).

Baca Juga:  Demi Keadilan, Anwar Somasi DPRK Aceh Barat ke Bawaslu RI

“Skrining yang dimaksud adalah pengecekan suhu tubuh melalui thermal scanner dan thermal gun, pengecekan tanda dan gejala serta melakukan observasi terhadap jemaah di Asrama Haji Debarkasi,” ucap Reisa.

Kemudian Reisa menjelaskan bahwa apabila terdapat jemaah dengan gejala demam atau menunjukkan potensi penyakit menular, petugas akan melaksanakan pemeriksaan lanjut dan tes Antigen.

“Jika hasilnya positif dan tidak bergejala atau bergejala ringan akan dirujuk ke fasilitas isolasi terpusat, sementara yang bergejala sedang atau berat akan dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID-19,” ulas Reisa.

Baca Juga:  FJL Gelar Diskusi Terfokus, Kawal Penegakan Hukum Perdagangan Kulit Harimau Di Bener Meriah

Sementara itu, bagi jemaah yang dinyatakan sehat saat kedatangan dan observasi, maka dapat kembali ke rumah dengan imbauan untuk terus memantau kondisi kesehatannya selama 14 hari.

Lebih lanjut, Reisa menuturkan bahwa langkah antisipasi lain yang dilakukan yakni Kementerian Kesehatan telah menginstruksikan seluruh rumah sakit untuk menyiapkan 10 hingga 30 persen kapasitas tempat tidur.

“Lalu juga menyiapkan sejumlah tempat isolasi mandiri terpusat, begitu pun penyiapan alkes (alat kesehatan), SDM, obat-obatan, dan APD,” jelas Reisa.(Redaksi)

Baca Juga:  Cara Dapatkan Uang Kertas Emisi 2022 Terbaru
Artikel ini telah dibaca 10 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan