Menu

Mode Gelap

Berita · 5 Feb 2022 WIB ·

Melalui Rapat Pleno, Anita, SKM, M.Kes Ditetapkan Ketua PERSAKMI Aceh Periode 2022-2026


					Melalui Rapat Pleno, Anita, SKM, M.Kes Ditetapkan Ketua PERSAKMI Aceh Periode 2022-2026 Perbesar

BANDA ACEH – Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Wilayah Aceh Gelar Musda Ke-II di (Ajongan Mon Mata Banda Aceh), Sabtu (05/02/2022).

Dalam sambutan Gubernur Aceh, Ir.Nova Iriansyah, ST menjelaskan bahwa keluarga besar PERSAKMI Aceh dapat merumuskan langkah-langkah penguatan organisasi ke depan.

“Harmonisasi antara anggota di dalam sebuah organisasi itu mutlak diperlukan demi majunya organisasi tersebut, dan agar program-program kerja yang telah direncanakan dapat berjalan optimal,” ucap Nova.

Selain itu, gubernur juga mengatakan, PERSAKMI diharapkan mampu mendorong peran para sarjana kesehatan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan, serta menyukseskan program-program
pembangunan kesehatan di daerah kita ini. Selain bersinergi bersama Pemerintah Aceh.

“Dapat berkolaborasi dengan organisasi profesi lainnya dalam mencari solusi-solusi terkait masalah kesehatan masyarakat, secara usia, PERSAKMI sebagai organisasi tenaga kesehatan masyarakat, memang tergolong masih muda. Namun kami yakin dengan semangat kebersamaan, kita akan mampu mendukung pembangunan kesehatan di Provinsi Aceh yang kita cintai ini”, lanjut gubernur.

Gubernur juga mengapresiasi Musda ke-2 ini, yang mengambil tema “Peran Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam Pandemi Global serta Mendukung Program Aceh Sehat”. Hal ini mengandung makna bahwa PERSAKMI akan terus ambil bagian dalam mendukung penanganan wabah pandemi Covid-19 dan pembangunan kesehatan di Aceh, sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Baca Juga:  Polres Aceh Selatan Ziarah dan Tabur bunga Makam Pahlawan

Selain daripada itu, bila berkaca pada situasi pandemi saat ini, memang telah terbuka kesempatan lebar bagi tenaga kesehatan masyarakat untuk turut berkontribusi, terutama dalam hal pencegahan. Artinya, para sarjana Kesehatan Masyarakat
berada di posisi terdepan dalam melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19.

“Mereka harus terus berada di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan edukasi dan cara beradaptasi dengan penyesuaian-penyesuaian tertentu agar terhindar dari virus ini. Kita juga tidak boleh lengah karena varian dari Covid-19 seperti Omicron masih terus menyebar, sementara saat ini, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan mulai mengendur,” tegasnya.

Karena itu, gubernur mengatakan tugas para tenaga kesehatan belum selesai maka harus terus hadir dan melakukan perannya dengan baik agar masyarakat kita terhindar dari paparan virus tersebut berikut dengan varian-variannya.

Seperti kita ketahui bersama, Aceh kini memiliki ribuan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota. Namun, harus
kita akui bahwa belum semua dari para sarjana kita ini dapat dioptimalkan perannya. Padahal, berdasarkan realitas normatif sesuai dengan keilmuan, semestinya eksistensi, peran dan fungsi Sarjana Kesehatan Masyarakat, dianggap mampu mewarnai perubahan sistem, program dan kebijakan-kebijakan di bidang kesehatan.

Setelah Musda ini, PERSAKMI Aceh agar mampu melakukan terobosan-terobosan dalam meningkatkan potensi para Sarjana Kesehatan Masyarakat. Di sisi lain, kita juga perlu menyadari bahwa upaya mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan bukanlah semata-mata tugas dan tanggung jawab pemerintah saja.

Baca Juga:  Setelah mendapat protes keras akhirnya Tender Paket Venue PON XXI Aceh senilai Rp.695 Milyar dibatalkan

“Terakhir, kita melihat bahwa konsep kemitraan sangat dibutuhkan dalam mewujudkan pembangunan bidang kesehatan, salah satunya adalah dengan peran dari organisasi seperti PERSAKMI,” tutup Nova.

Sementara itu, Anita, SKM, M.Kes ,ketua terpilih PESAKMI Aceh periode 2022 2026 mengucapkan terimakasih kepada semua anggota musda yg hari ini telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk meneruskan estafet kepemimpinan di organisasi ini.

“Terimakasih yang tak terhingga dan mari kita bersama membangun visi yang sudah kita rancang yaitu ‘Menjadikan Organisasi Profesi Kesehatan Masyarakat Sebagai Penggerak Pembangunan Kesehatan Masyarakat Aceh,” ucapnya.

Untuk diketahui, PERSAKMI merupakan organisasi murni para sarjana kesehatan masyarakat yang memiliki fungsi utama dalam upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kita berharap Persakmi menjadi wadah bagi semua untuk kembali secara maksimal secara tugas dan fungsinya dan dapat berkiprah lebih maksimal terutama dalam situasi pandemi covid seperti saat sekarang ini,” harap Anita.

Dengan terpilih dirinya sebagai ketua Anita berjanji akan mengembangkan seluruh cabang yang telah aktif dan mengaktifkan cabang yang belum aktif, untuk bergerak bersama membangun masyarakat yang sehat khususnya di propinsi Aceh.

Baca Juga:  HUT Ke 50, Bank Aceh Gelar Expo UMKM, Ini Harapan FPMPA

“Kami juga mengharapkan seluruh cabang dapat menjalin harmonisasi dengan semua organisasi profesi dan juga mitra maupun stake holder untuk majunya sebuah organisasi,” ajaknya.

Selain itu, Melalui PERSAKMI ini juga akan ada pengembangan sumber daya anggota kesehatan masyarakat untuk terus dapat meningkatkan upaya peningkatan sumber daya dan pengembangan diri dalam menghadapi era milenial, era 4.0.

“Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat, sehingga anggota persakmi semuanya dapat beradaptasi dan dapat mengikuti perkembangan zaman tersebut sehingga melahirkan kader-kader kesehatan masyarakat yg memiliki, skill, kompetensi dan mampu secara kompetisi bersaing secara sehat dengan anggota organisasi kesehatan yang lainnya,” tambah Anita.

Ia mengatakan, PERSAKMI juga akan bersinergis dan mendukung pemerintah daerah dalam melaksanakan upaya-upaya maupun program kesehatan masyarakat dan program pembangunan kesehatan masyarakat.

Untuk informasi Anita,S.KM.,M.Kes terpilih setelah unggul menjadi 3 Calon dari 11 balon yang muncul di arena Musda ke II tingkat Aceh ini. Kemudian verifikasi berkas berlanjut dari 3 calon bersaing, hanya Anita yang dinyatakan lengkap berkas oleh pimpinan sidang Musda.

Atas dasar itulah, melalui Rapat Pleno pimpinan sidang Anita, SKM, M.Kes ditetapkan sebagai ketua PERSAKMI Aceh Terpilih periode 2022-2026 mendatang.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Elon Musk Resmikan Starlink di Puskesmas Bali, Jokowi Batal Hadir

19 Mei 2024 - 15:05 WIB

Presiden Jokowi ke Bali Buka KTT World Water Forum Ke-10

19 Mei 2024 - 14:08 WIB

BNPT Pastikan Keamanan World Water Forum ke-10 dari Aksi Terorisme

19 Mei 2024 - 08:15 WIB

Ada Dugaan Intervensi di Kasus Vina Cirebon, DPP GMI Kepolisian Minta Segera Propam Turun Tangan

19 Mei 2024 - 07:27 WIB

Kemenag: Berhaji Tanpa Izin Haji Terancam Denda 10.000 Riyal

19 Mei 2024 - 06:35 WIB

Pj Gubernur: Temuan Migas Baru Mubadala Beri Manfaat Ekonomi Bagi Aceh

19 Mei 2024 - 06:10 WIB

Trending di Daerah