Menu

Mode Gelap

Berita · 28 Jul 2022 WIB ·

Lagi, Kinerja Disdukcapil Aceh Selatan Dikeluhkan Warga


					Ilustrasi, Photo :HO Perbesar

Ilustrasi, Photo :HO

Krusial.com| Aceh Selatan – Pelayanan Disdukcapil Aceh Selatan kembali mendapatkan sorotan dari warga yang tengah mengurus administrasinya pada Kamis (28/7/2022).

Warga mengeluhkan, pelayanan di dinas tersebut yang menurutnya buruk dan terkesan pilih kasih, hal ini disampaikan salah seorang warga yang ingin mengurus akte kelahirannya terkait persyaratan untuk melaksanakan ibadah umrah.

Menurut pria berusia 76 tahun tersebut pada Kamis (28/7/2022) dirinya bersama istri mengurus administrasi kependudukannya pada kantor pemerintahan Aceh Selatan itu berupa akte kelahiran, namun dirinya merasakan adanya pelayanan yang dipersulit.

“Saya bersama istri yang juga sedang dalam kondisi sakit mengurus akte kelahiran, namun petugas di situ meminta agar saya harus mencari KTP warga desa saya yang usianya lebih tua untuk syarat mengurusi akte kelahiran tersebut,” ucapnya kepada Krusial.com.

Baca Juga:  Pura-Pura Jadi Korban Begal, Ternyata Tilap Uang Kantor Puluhan Juta

Ia menyampaikan, di usianya yang sudah 76 hal itu sangat memberatkan baginya, karena harus bolak-balik dari desa asalnya ke ibukota Aceh Selatan untuk mencarikan KTP warga lainnya yang memiliki usia terpaut lebih tua darinya serta menunggu hingga beberapa jam.

“Jika adapun sangat susah didapatkan dengan kondisi usia saya seperti ini, namun dari dinas tidak ada jalan keluar, kami juga tidak tau apakah memang seperti ini pelayanan yang semestinya diberikan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Hindari Terserempet Hukum, Bendahara BOS SMP Se Aceh Selatan Dilatih Manajemen Pengelolaan

Oleh karena itu, ia meminta agar kepala dinas Disdukcapil Aceh Selatan untuk mencari solusi tehnis seperti itu, agar jangan terkesan masyarakat terlantar dan mendapatkan pelayanan yang buruk.

Pelayanan Terkesan Pilih Kasih

Sementara itu, saat Krusial.com mencari informasi terkait pengurusan akte kelahiran terhadap lansia, hal serupa juga terjadi pada salah seorang warga disalah satu kecamatan lainnya di Aceh Selatan.

Warga tersebut mengaku mendapatkan pelayanan yang berbeda, untuk memenuhi syarat mengurus akte kelahiran dirinya cukup memberikan KTP anaknya.

Masih menurutnya, karena memiliki kenalan di instansi tersebut, dirinya mendapatkan pelayanan yang baik dan dipercepat proses beda dengan yang dialami narasumber sebelumnya. Hingga saat ini dirinya masih harus menunggu hingga pukul 15:00 agar mendapatkan akte kelahirannya.

Baca Juga:  Terlalu, Hasil Rekrutmen PPK, Yang Lulus Kerabat KIP Aceh Selatan

Berdasarkan hal tersebut, Disdukcapil Aceh Selatan diharapkan dapat memperbaiki sistem dan pelayanan terhadap masyarakat serta rutin memberikan sosialisasi terkait berbagai persyaratan administrasi kependudukan yang terbaru, agar masyarakat dapat mengakses informasi dan mendapatkan pelayanan yang prima seperti diharapkan pemerintahan Azam.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Aceh Selatan, Lahmuddin saat dikonfirmasi Krusial.com belum memberikan jawaban atas keluhan warga tersebut, pesan WhatsApp yang dikirimkan wartawan belum dibaca oleh Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Selatan tersebut.(Safdar.S)

Artikel ini telah dibaca 339 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan