Menu

Mode Gelap

Opini · 19 Jan 2022 WIB ·

Khasiat Air Nira Untuk Kesehatan


					Khasiat Air Nira Untuk Kesehatan Perbesar

KHASIAT AIR NIRA UNTUK KESEHATAN

Nama          : Nanda Fitria
Mahasiswi : IAIN Langsa Fakultas Ekonomi                            Dan Bisnis Islam
Jurusan      : Manajemen Keuangan Syariah

Enau atau aren atau nira adalah palma yang terpenting setelah kelapa (nyiur) merupakan tanaman yang serba guna. Tumbuhan ini mempunyai banyak nama seperti Nau, Hanau, Peululuk dan juga ijuk (aneka nama di pulau Sumatra dan semenanjung Malaya). Nama lain nya akol, akel, akere, inru, (ini nama yang dikenal di daerah  Sulawesi dan juga tuwak di daerah (Nusa Tenggara). Tanaman aren/nira dapat tumbuh didekat pantai dan juga dataran tinggi seperti perbukitan. Tetapi akan tumbuh dengan baik pada ketinggian 500-1.200 m di atas permukaan laut (dpl), karena pada kisaran ketinggian tersebut lahan tidak kekurangan air tanah dan tidak tergenang oleh banjir permukaan. Pohon aren/nira ini dapat mengasilkan banyak hal yang menjadikan nya popular sebagai tanaman yang serbaguna terutama untuk tumbuhan yang menghasilkan gula.

Baca Juga:  Bangkai Si Bunga Bangkai

Nira adalah cairan yang manis yang diperoleh dari batang tanaman seperti batang tebu, kelapa, nipah, sagu, dan juga aren. Dalam bahasa jawa juga dikenal dengan sebutan legen Legi / Manis  nira batang kelapa dikenal dengan sebutan sajeng atau badeg. Gula utama yang terkandung dalam air nira ini adalah sukrosa. Nira juga mengandung glukosa dan fruktosa dalam jumlah yang kecil saat nira baru di sadap. Nira dari bunga sebenarnya steril, tetapi segera setelah disadap sering kali terkontaminasi oleh mikrob yang dapat menhidrolisis sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Proses hidrolisis akan merugikan dari jumlah rendemen gula merah, bahkan sering kali gula merah tidak terbentuk.

Air nira secara umun banyak digunakan untuk membuat minuman, bahan makanan dan juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar proses pembentukan gula tidak gagal, maka petani harus mengelola air nira dengan baik dan tepat .Untuk mengurangi rasa asam biasanya pada saat awal pengambilan air nira ini di taburi sedikit air kapur, yang gunanya untuk mencegah pH nira menjadi turun selama proses penyadapan dan pengawet yang digunakan untuk memperlambat kerusakan air nira selama proses penyadapan.

Baca Juga:  Kupu-kupu di Kawasan Leuser bagai Malaikat dari Surga Berba

Selain dapat digunakan untuk sebagai bahan dasar makanan dan minuman air nira juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan seperti :

1. Menggemukkan badan

Bentuk badan yang kurus tidak selama nya menjadi keinginan setiap orang. Namun ada beberapa orang yang sangat sulit untuk menaikan berat badan, jadi air nira ini menjadi salah satu solusi bagi orang yang ingin cepat menaikkan berat badan. Karena didalam air aren/nira ini mengandung sukrosa 13,9-14,9% dan juga kadar lemak 0,02%.

2. Sembelit

Sembelit terjadi karena kekurangan serat di dalam tubuh. Serat memiliki peran yang penting bagi sistem pencernaan. Anda bisa langsung mengkonsumsi air nira karna air nira memiliki kandungan serat. Karena air nira mengandung srat yang tinggi yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan didalam tubuh agar menjaga kesehatan didalam tubuh.

3. Menjaga tulang

Untuk menjaga tulang kita harus banyak mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kepadatanya. Air nira ini mempunyai salah satu manfaat untuk menjaga tulang dari pengeroposan atau osteoporosis. Karena air nira mengandung protein dan juga kalsium.
Memberikan efek kehangatan dan kesegaran tubuh Minuman nira ini juga dapat menghangatkan tubuh. Dan juga dapat melawan virus yang sudah terjangkit didalam tubuh anda.

Baca Juga:  Lagi-lagi RAPBA 2024 Tersandera Pokir DPRA

4. Tingkatkan kekebalan tubuh

Air aren/nila mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Karena antioksidan dapat membantu mencegah peradangan dan infeksi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Air aren/nira ini juga dapat meningkatkan energy dengan sangat cepat, efek ini dapat mengatasi rasa lelah karena kekurangan energi.

5. Demam

Air aren/nira dapat mengurangi demam, karena mengandung sifat anti peradangan sekaligus menghangatkannya, menjadikan gula aren solusi yang bagus untuk demam dan flu. Mengonsumsi minuman hangat dengan gula aren mampu mencegah dan meredakan demam dan flu. Gula aren mampu mentralkan suhu tubuh yang dapat menurunkan demam.

Jadi, Itulah beberapa khasiat dari air aren/nira ini. Anda bisa mengkonsumsi minuman ini dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan sehingga tidak membahayakan dan justru bermanfaat bagi tubuh.

Artikel ini telah dibaca 1,492 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Kriteria Calon Kepala BIN Harus Mampu Menjawab Tantangan yang Multi Dimensional

4 Mei 2024 - 11:11 WIB

Hari Buruh, Momentum Perbaikan Kesejahteraan Para Pekerja

1 Mei 2024 - 14:05 WIB

Syair Ramadhan Tgk. Dailami, Ku Merindukannya

22 Maret 2024 - 10:09 WIB

Sarjana Pengangguran, Ku Tak Berpangku Tangan

20 Maret 2024 - 18:06 WIB

Satu Jam Lebih Dekat Bersama Abu Ketua Tastafi Aceh Selatan

20 Maret 2024 - 07:33 WIB

Kenapa Harus Leuser?

29 Februari 2024 - 05:47 WIB

Trending di Opini