Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Feb 2022 WIB ·

Ketua DPRK Aceh Selatan Minta Menag Kurangi Menyinggung Perasaan Umat Islam


					Ketua DPRK Aceh Selatan Minta Menag Kurangi Menyinggung Perasaan Umat Islam Perbesar

ACEH SELATAN – Ketua DPR kabupaten Aceh Selatan, Amiruddin meminta agar menteri agama republik Indonesia lebih bijak dan santun dalam memberikan tamsilan terhadap keumatan khususnya umat Islam.

Hal itu disampaikan politikus PNA ini terkait pernyataan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang kembali membuat gaduh lewat pernyataan kontroversialnya.

“Kali ini Yaqut membandingkan suara azan yang serentak dari pengeras suara masjid dan mushalla dengan gonggongan anjing, mengapa harus jenis hewan dan yang diharamkan dalam Islam pula yang dijadikan menag sebagai perumpamaan,” ucapnya kepada Krusial.com, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga:  Akibat Tiang Listrik Tumbang, Dua Warga Tewas Terbakar Di Aceh Selatan

Oleh sebab itu Amiruddin mengecam pernyataan menteri agama yang menurutnya sebagai pejabat publik menteri agama tidak pantas mengeluarkan statemen yang menyinggung perasaan umat beragama.

“Nampaknya sang Menteri kekurangan ide dan gagasan,jika ada suatu kebijakan dengan tujuan kebaikan bersama, seharusnya bisa dimusyawarahkan dengan Majelis Ulama Indonesia dan disampaikan kepada publik dengan baik. Bukan dengan bahasa – bahasa yang betul-betul memancing amarah umat Islam,” lanjutnya.

Baca Juga:  60 Anggota PPK Aceh Barat Dilantik, Ketua KIP: PPK Harus Mampu Mengkoordinir PPS

Ketua DPR kabupaten Aceh Selatan ini menjelaskan azan merupakan panggilan hikmah yang bernafas kemerdekaan dan simbol ketaatan umat kepada pencipta ,tak seharusnya dijadikan polemik setelah sekian lama bangsa ini merdeka dan penuh keharmonisan dengan umat beragama lainnya.

“Seharusnya menteri Yaqut urus saja keumatan yang subtansial selaras dengan kondisi kekinian bangsa saat ini, seperti penyebaran aliran sesat, penyelamatan generasi muda dari bahaya narkoba dan tantangan bangsa lainnya,” kata Amiruddin.

Baca Juga:  PAW DPRK Aceh Selatan, Sofyan Seri Dilantik Jadi Anggota Dewan

Untuk diketahui, kegaduhan ini terjadi setelah Yaqut mengeluarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushalla.

“Yang lebih menyakitkan umat muslim ketika Menag Yaqut membandingkan sautan suara azan dengan gonggongan anjing, masih banyak tamsilan yang lain tidak mesti dengan tamsilan demikian, karena menurut kami itu menyesatkan,” tandasnya. (Safdar)

Artikel ini telah dibaca 79 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News