Menu

Mode Gelap

Berita · 5 Agu 2022 WIB ·

FJL Nilai Festival Kuliner Aceh Belum Ramah Lingkungan


					Pengunjung Festival Kuliner Aceh sedang menikmati minuman yang dikemas dalam wadah plastik, Jumat (5/8/2022) Photo :Ho Perbesar

Pengunjung Festival Kuliner Aceh sedang menikmati minuman yang dikemas dalam wadah plastik, Jumat (5/8/2022) Photo :Ho

Krusial.com| Banda Aceh – Perhelatan Festival Kuliner Aceh 2022 belum ramah lingkungan, penggunaan wadah plastik untuk kemasan makanan dan minuman pada gerai-gerai kuliner masih tinggi, hal ini membuat Forum Jurnalis Lingkungan Aceh dan komunitas Rumput Liar angkat suara.

Koordinator Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh Zoelmasry, pada dasarnya sangat mendukung Festival Kuliner Aceh 2022 yang digelar di Taman Sulthanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh sejak, 5-7 Agustus 2022 dengan tujuan mempromosikan kuliner khas Aceh yang berasal dari 23 Kabupaten/Kota.

“Tentunya event ini dapat mendorong kemajuan usaha kecil menengah di sektor kuliner itu, akan tetapi pelaksanaan tidak sepenuhnya go green, penggunaan kemasan plastik masih banyak. Kemasan sekali pakai itu jika tidak dipastikan dikelola akan berakhir menjadi sampah,” ucapnya , Jumat (5/8/2022).

Baca Juga:  Harapan Bangkitnya Laskar Rencong di Laga Debut Segio Alexandre

Menurutnya berdasarkan pengamatan FJL Aceh pada gerai-gerai yang menjual makanan dan minuman masih menggunakan wadah plastik. Para pengunjung setelah menikmati kuliner mereka meninggalkan wadah plastik di atas meja yang oleh penjual membuang ke tempat sampah.

” Sebagaimana diketahui sampah plastik butuh puluhan hingga ratusan tahun untuk dapat terurai. Belum lagi plastik-plastik tersebut akan berubah menjadi mikroplastik yaitu partikel-partikel plastik kecil yang tidak terlihat mata namun berpotensi mencemari udara dan mencemari kualitas air sungai,” urainya.

Baca Juga:  Dayah Jabal Rahman Tapaktuan Melaju Ke Babak Final Usai Tekuk Dayah Mafatahul Ulum Kluet Selatan

Oleh sebab itu, FJL mendorong pemerintah untuk serius menerapkan konsep go green jangan hanya jargon saja. Kata-kata BEREH ( bersih, rapi, estetis dan hijau) yang digaungkan oleh Sekda Aceh harusnya diterapkan dalam setiap kegiatan.

” Program BEREH yang menitik beratkan pada kebersihan lingkungan ini semestinya menjadi semangat dalam setiap kegiatan yang digelar di Pemerintah Aceh. Promosi kuliner lokal jangan sampai justru menjadi ajang memproduksi sampah plastik,” kata Zoelmasry.

Zoelmasry mengatakan dalam banyak festival yang diadakan oleh Pemprov Aceh penggunaan sampah plastik masih marak hal itu menandakan konsep go green belum sepenuhnya diterapkan, masih hanya sebatas retorika saja.

Baca Juga:  TV Analog Berpotensi Mengancam Keamanan Negara, Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Ajak Masyarakat Beralih Ke TV Digital

Sementara itu, Direktur Rumput Liar (RL) Aceh Missanur Refasesa, berharap agar pemerintah berusaha menurunkan penggunaan sampah plastik. Apalagi Banda Aceh sebagai kota yang pernah mendapatkan piala Adipura harusnya kebijakan mengurangi sampah plastik benar-benar diterapkan.

” Walaupun sempat dinobatkan sebagai kota dengan pengelolaan sampah terbaik se-Indonesia, namun, Kota Banda Aceh masih minim tempat pengelolaan sampah plastik. Plastik yang digunakan oleh warga sebagian besar besar berakhir di tempat penampungan akhir,” kata Missanur.(Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 167 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan