Menu

Mode Gelap

News · 29 Mar 2022 WIB ·

Disnakermobduk Aceh Tutup Pelatihan Sentral Pengembangan Motif Situnjong


					Disnakermobduk Aceh Tutup Pelatihan Sentral Pengembangan Motif Situnjong Perbesar

ACEH SELATAN – Motif situnjong merupakan ikon kerajinan Aceh Selatan dan saat ini telah menjadi trend motif diberbagai fashion masyarakat, seperti kopiah, tas, kain sarung, baju, kerudung, kebaya dan jelbab, Selasa (29/03/2022).

Kegiatan pelatihan ini dimulai sejak tanggal ke 04-24 Maret 2022 dengan instruktur Aderawi bordir dan Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc dan Tim.

Penutupan pelatihan industri kreatif kerajinan aneka produk Motif Situnjong yang merupakan pemberdayaan tenaga kerja berdasarkan potensi ekonomi kewirausahaan.

Baca Juga:  Staf Ahli Perekonomian dan Pembangunan Mewakili Bupati Buka Rakorda Sensus Pertanian Tahun 2023

Qifti Reza Kesuma, Kasi Pelatihan Kelembagaan Dinas Disnakermobduk Aceh mengharapkan motif Situnjong dapat dikembangkan lebih luas lagi.

Dia berharap kepada pemerintah daerah untuk mengarahkan kepada setiap SKPK Aceh Selatan untuk dapat ikut berpartisipasi memberdayakan sentral pengembangan motif Situnjong yang ada di Gampong Ujung Padang Asahan Pasie Raja.

Qifti Reza Kesuma mencontohkan, bila seluruh kegiatan pelatihan tentu ada pengadaan seminar kit. Dan tentunya akan diperlukan seperti tas, sehingga para peserta pelatihan dapat menjadikan mitra melalui Aderawi Bordir sesuai standar harga yang diinginkan.

Baca Juga:  Objek Wisata Tingkat Tujuh Kembali Dilirik, Tawarkan Keindahan Alam Sekitar

Selanjutnya Kepala Dinas Tenaga kerja, Mobilitas Penduduk dan Transmigrasi Aceh Selatan Masriadi, S.STP. M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan program penempatan tenaga kerja tahun anggaran 2022 yang penganggarannya melalui APBA.

“Kegiatan pelatihan ini untuk menciptakan sentral pengembangan motif Situnjong dan akan terus kita kembangkan dalam bentuk produk lainnya,” kata Masriadi.

Lanjutnya, kami akan melaporkan kepada pimpinan daerah terkait pengembangan produk yang berkelanjutan, misalnya dalam pengadaan seminar kit di SKPK.

Baca Juga:  Logo HUT Aceh Selatan ke 78

Masriadi dalam kesempatan ini mengajak kepada perangkat Gampong Ujung Padang Asahan untuk dapat menjadikan Peserta pelatihan/Aderawi Bordir sebagai mitra BUMDes dan Dekranasda Aceh Selatan bersinergi dalam pengembangan ekonomi masyarakat, tutupnya.

Hadir Muspika Pasie Raja, Akademisi Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, dan Perangkat Gampong Ujung Padang Asahan. (*)

Artikel ini telah dibaca 94 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional