Menu

Mode Gelap

News · 29 Mei 2024 WIB ·

Dinas ESDM Aceh Sebut Izin Pabrik Semen Cina di Aceh Selatan Masih Eksplorasi


					Pabrik Semen: Foto Ilustrasi Perbesar

Pabrik Semen: Foto Ilustrasi

Krusial | Banda Aceh – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Mahdinur mengatakan izin pabrik semen di Aceh Selatan yaitu PT Kobexindo Cement asal Cina masih bersatus izin eksplorasi.

“Itu (PT Kobexindo Cement) masih berstatud IUP eksplorasi, belum bisa melakukan penggalian. Memang berdasarkan permohonan, dia bersifat hanya untuk izin penambangan batu gamping,” ujar Mahdinur, pada Selasa, 29 Mei 2024.

Baca Juga:  KIP Aceh Selatan Loloskan Keuchik Aktif Sebagai PPK, Bupati Asel Diminta Evaluasi

Mahdinur menyebutkan, masih banyak tahapan yang harus dilalui untuk dapat mendirikan sebuah pabrik baru. Sebuah perusahaan tidak dapat melakukan penambangan hanya dengan mengantongi izin ekplorasi, melainkan harus mengurus perizinan baru.

“Itu memang kita sudah mengeluarkan izin itu. Tapi bukan berarti izin eksplorasi itu bisa langsung penggalian, langsung membangun pabrik semen, tidak. Masih banyak tahap yang harus dilakukan. Pelengkapan dokumen-dokumen perizinan untuk operasi produksi atau eksploitasi masih banyak yang perlu dilengkapi. Laporan studi kelayakan, laporan eksplorasi, itu ada lima dokumen yang harus disiapkan,” kata Mahdinur.

Baca Juga:  Diduga Akibat Sisa Api Puntung Rokok, Satu Sedan Dan Sepeda Motor Terbakar

Mahdinur mengaku tidak tahu isi soal MoU yang sudah ditandatangani oleh Pemerintah Aceh Selatan dengan PT Kobexindo Cement. Pihaknya hanya sebatas menetapkan izin ekslporasi.

“Kita sendiri tidak tahu itu kenapa mereka membuat semacam MoU, apa bentuk MoU-nya. Pelayanan kami sebatas menetapkan izin eksplorasi, sudah kita beri sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Tapi ketika bahan baku itu mau dijadikan semen atau apa, itu ada izin lain lagi. Industri namanya,” katanya.

Baca Juga:  Keluarga Serahkan DPO Tersangka Penganiayaan Berat Ke Polisi

Hingga saat ini Pintoe.co masih berupaya menghubungi Pemerintah Aceh Selatan terkait penandatangan MoU dengan investor asing terkait pembangunan pabrik semen baru di tengah moratorium.***

Artikel ini telah dibaca 461 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News