Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Jul 2022 WIB ·

DEMA UIN Ar-Raniry : Lapak Baca Sebagai Wadah Optimalisasi Semangat Literasi Masyarakat Banda Aceh


					Menteri Pendidikan DEMA UIN Ar-Raniry, M. Firza Duana, Photo : HO Perbesar

Menteri Pendidikan DEMA UIN Ar-Raniry, M. Firza Duana, Photo : HO

Krusial.com|Banda Aceh – DEMA UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui Kementerian Pendidikan menyelenggarakan kegiatan Lapak Baca yang dilaksankan di Area Car Free Day, tepatnya di Depan Gedung DPRA, Kuta Alam, Banda Aceh. Minggu (24/07/22).

Menteri Pendidikan DEMA UIN Ar-Raniry, M. Firza Duana mengatakan program tersebut dilaksanakan atas dasar minat baca Masyarakat Aceh yang selalu menjadi hal menarik untuk diulas. Pasalnya, banyak Tenaga Pendidik, Tenaga Kepustakaan, dan Masyarakat pada umumnya yang gemar menggagas hal ini dalam penyampaian pidato dan kegiatannya.

Baca Juga:  Tutup Bazar Produk Unggulan Dan Kuliner, Ini Pesan Sekda Aceh Selatan

“Maju atau tidaknya suatu negara, salah satunya dipengaruhi oleh indikator daya baca masyarakatnya. Karena semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk berperan dalam meningkatkan minat baca,” ucapnya.

Menurutnya berdasarkan data yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik pada 7 Maret 2022, bahwa tingkat minat baca Masyarakat Aceh berada di Peringkat 6 secara Nasional dengan klasifikasi skor 64,13, durasi bacaan 5-6 jam per Minggu dan jumlah bacaan 4-5 buku per triwulan.

Baca Juga:  Menpora Akui Kesulitan Gelar PON di Aceh dan Sumut Bersamaan

Kegiatan Lapak Baca tersebut dirangkai dengan membaca buku, Dmdiskusi, dan bedah buku yang dikemas dengan konsep menarik sehingga mahasiswa dan Masyarakat yang hadir dapat aktif dan ikut andil dalam kegiatan ini.

“Pada kegiatan ini kami mencoba untuk mengembangkan minat baca Mahasiswa dan Masyarakat Aceh khususnya dengan melakukan diskusi-diskusi ringan,” tuturnya

Ia berharap dengan kontribusi kecil ini dapat menjadi contoh seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan minat baca. Baik itu untuk diri sendiri, anak, bahkan lingkungannya.

Baca Juga:  Diduga Akibat Korsleting Listrik, Satu Ruko Di Trumon Aceh Selatan Ludes Terbakar

“Kita juga berharap kedepannya pemerintah lebih memperhatikan pendidikan di Aceh melalui penyaluran buku-buku di daerah-daerah terpencil,” Tutup Firza.(Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 127 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan