Menu

Mode Gelap

Berita · 27 Jun 2022 WIB ·

BPBD Aceh Selatan Bersama TNI – Polri Berhasil Padamkan Kabakaran Lahan Di Dua Kecamatan


					Petugas Damkar BPBD Aceh Selatan dan Anggota Kodim 0107 Aceh Selatan Saat Melakukan Pemadam Kebakaran Lahan Di Desa Ujung Tanoh Trumon Aceh Selatan, Senin (27/6/2022) Photo : Ho Perbesar

Petugas Damkar BPBD Aceh Selatan dan Anggota Kodim 0107 Aceh Selatan Saat Melakukan Pemadam Kebakaran Lahan Di Desa Ujung Tanoh Trumon Aceh Selatan, Senin (27/6/2022) Photo : Ho

ACEH SELATAN – Seluas 2,5 hektar lahan terbakar di dua kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan pada Senin (27/6/2022).

Berdasarkan data dari BPBD Aceh Selatan, kebakaran lahan terjadi di Desa Keudee Bakongan Kecamatan Bakongan dan Desa Ujung Tanoh Kecamatan Trumon.

Kalak BPBD Aceh Selatan, H.Zainal.A, SE.,MS.i mengatakan kebakaran lahan di Desa Ujung Tanoh, Kecamatan Trumon, terjadi pada pukul 14:40 Wib dan terpantau dari aplikasi LAPAN Fire Hot Spot.

“Petugas Damkar PB 06 Trumon bersama Babinsa Koramil 09/Trumon melakukan pencarian dan titik api ditemukan di lahan perkebunan masyarakat di Desa Ujung Tanoh,” terangnya.

Baca Juga:  BPBD Aceh Selatan Melakukan Pencarian Nelayan Hilang Di Ujong Puloe Rayeuk

Kalak melanjutkan, pemadaman dilakukan secara manual menggunakan dahan kayu untuk meminimalisir agar kebakaran tidak menyebar ke lokasi lain.

“Pukul 17.40 Api sudah berhasil dipadamkan secara keseluruhan namun masih mengeluarkan kepulan asap dari sisa batang kayu yang terbakar dengan luas area lebih kurang 2 Ha,” ungkapnya.

Sementara itu lanjutnya pada pukul 17:40 Wib,di Desa Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan, juga terpantau kebakaran area lahan kosong yang berlokasi dekat dengan Sekolah SMA Negeri Bakongan.

Baca Juga:  Sungai Tunong Bakongan Meluap, Beberapa Rumah Warga Alami Banjir

Masyarakat yang mengetahui kebakaran langsung melaporkan kepada petugas Damkar-PB di Posko 05 Bakongan karena di khawatir jika tidak ditangani dengan segera akan menjalar ke Bangunan Sekolah yang berdekatan dengan area tersebut.

“Tim Damkar PB Posko 05 Bakongan langsung ke lokasi kejadian dan melakukan penanganan untuk pemadaman, pada pukul 19:20 Wib api berhasil dipadamkan secara keseluruhan di area seluas setengah hektar,” jelasnya.

Menanggapi dua kejadian kebakaran lahan tersebut, Kalak BPBD Aceh Selatan ini berpesan agar masyarakat yang ingin membuka lahannya agarbtidak melakukan upaya pembukaan lahan dengan cara membakar, sebab selain dapat berdampak pada bencana Karhutla, perbuatan tersebut juga dilarang secara hukum.

Baca Juga:  Ngabuburit Jelang Berbuka di Pasar Seulimeum Aceh Besar

“Kami sangat berharap dan mohon kesadaran kita bersama agar tidak lagi melakukan pembukaan atau pembersihan lahan dengan cara membakar, selain dampak bencana hal ini juga sangat berpengaruh pada polusi udara yang mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan, ekonomi, serta dampak adanya sangsi hukum bagi pelakunya,” tutup mantan camat Kluet Utara ini. ( Safdar.S)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan