Menu

Mode Gelap

Wisata · 1 Mei 2023 WIB ·

Basah-basahan di Krueng Blang Awe di Akhir Pekan


					Basah-basahan di Krueng Blang Awe di Akhir Pekan Perbesar

Krusial.com | Pidie Jaya – Kabupaten Pidie Jaya memiliki kawasan wisata alam yang lagi hits, namanya wisata Krueng Blang Awe. Kawasan wisata ini pas buat bersantai di akhir pekan.

Kawasan wisata Krueng Blang Awe berada di Gampong Blang Awe Kecamatan Pidie Jaya. Jaraknya, sekira 200 meter dari pusat perkabtoran pemerintah Kabupaten Pidie Jaya.

Untuk menjangkau tempat ini tidaklah sulit. Dapat ditempuh baik menggunakan roda dua maupun roda empat, dengan akses jalan yang cukup bagus.

Kawasan wisata ini menawarkan keindahan panorama alam, berupa sungai berbatu dengan aliran airnya yang jernih dan menyejukkan. Aliran sungai berbatu ini berada di antara areal perumahan warga dan hamparan perpohonan hijau yang memanjakan mata. Banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi bersantai, tentunya sambil mengabadikan foto-foto yang instagramable.

Baca Juga:  Aksi Penipuan Catut Nama Sekda Aceh Selatan


Banyak juga pepohonan tinggi yang tumbuh subur di sekitar bantaran sungai, membuat para pengunjung tidak perlu takut kepanasan jika sedang berada di dalam sungai.

“Seru karena airnya jernih, sejuk juga, berbeda dari tempat-tempat lain. Kita juga bisa seru-seruan susun batu. Sangat alami, recommended jadi tempat wisata akhir pekan,” ujar salah satu pengunjung, Nurrahmah (30), Senin (1/5/2023).

Salah satu pemuda Blang Awe, Fadlullah mengungkapkan Kini pemerintah Gampong Blang Awe juga mengembangkan sungai tersebut sebagai objek wisata.

Baca Juga:  523 Bacaleg DPRK Aceh Selatan Jalani Tes Baca Al-Qur’an

“Sungai yang sejalur dengan sungai Lhok Pineung itu kini telah dijadikan lokasi wisata,” kata Fadlullah.

Dijelaskan, dulu disana merupakan lokasi irigasi. Namun, karena sudah tidak ada irigasi, maka dimanfaat oleh gampong untuk dijadikan tempat wisata. Akses jalan menuju kesana pun mudah dilalui dengan jalan yang sudah beraspal.

“Alhamdulillah masyarakat sangat mendukung hadirnya objek wisata di sini. Dan pengunjungnya sudah lumayan ramai pada hari libur,” kata Dek Gam panggilanya.

Baca Juga:  Hindari Tabrakan Dengan Pickup, Satu Unit Minibus Nyaris Masuk Jurang Batu Itam

Disamping sebagai lokasi bersantai, Dek Gam juga menyebutkan, sungai itu sangat layak dijadikan sebagai objek arung jeram.

“Kalau untuk arung jeram sangat cocok dikembangkan disini, panjang treknya sampai lebih beberapa kilometer,” sebutnya.

“Namun untuk fasilitas sarana dan prasarana, loaksi wisata ini masih sangat minim. Kami butuh dukungan dan perhatian pemerintah,” tambahnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 165 kali

Nasruddin badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Anniversary ke-9 Komunitas Wisata Tuantapa (Kotatua) Diskusi dengan Para Keuchik di Lokasi Wisata Agro dan Pemandian Sikabu Pantonluas Samadua

15 Juli 2024 - 02:38 WIB

Padatnya Pengunjung Di Museum Tsunami Aceh Waktu Libur Panjang

1 Juli 2024 - 07:22 WIB

Pemerintah Siapkan Lima Objek Wisata untuk Kunjungan Delegasi World Water Forum ke-10 di Bali

26 April 2024 - 15:07 WIB

Pemerintah Pastikan VVIP World Water Forum ke-10 Bebas dari Pungutan Wisman

26 April 2024 - 15:01 WIB

Sabang Bersiap Sambut Wisawatan Dunia

13 April 2024 - 12:56 WIB

5 Pesona Wisata Kepulauan Azores di Portugal

5 November 2023 - 23:36 WIB

wisata
Trending di Wisata