Menu

Mode Gelap

Berita · 20 Jun 2022 WIB ·

Antisipasi Pengangguran Terdidik, TP USK Jalin Kersajama Dengan Jasasarjana Indonesia


					Antisipasi Pengangguran Terdidik, TP USK Jalin Kersajama Dengan Jasasarjana Indonesia Perbesar

BANDA ACEH – Pengangguran merupakan salah satu momok paling menakutkan di negara kita. Merujuk data BPS saat ini angka pengangguran terbuka di Indonesia adalah 5,83 persen, dan Aceh masih melampaui angka nasional yakni 5,97 persen. Dari angka ini lebih dari 60 persennya berasal dari kalangan terdidik. Sehingga penyelenggara pendidikan sering dituding sebagai yang paling harus bertanggung jawab menyelesaikan problem ini.

Sebagai upaya menjembatani para lulusannya dengan dunia kerja, Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala menjalin kerjasama dengan Jasasarjana Indonesia.

Penandatanganan kerjasama DUDI tersebut dilaksanakan dalam rangka kegiatan talkshow “Satu aplikasi seribu tenaga ahli, saat tepat tuai manfaat dari keahlian sarjana yang begitu hebat”, di Gedung Multipurpose Room FP, USK, Senin (20/06/2022).

Baca Juga:  Tanggapi Keluhan Petani, BPBD Aceh Selatan Turunkan Alat Berat Tingkat Debit Air

Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan oleh Ketua Program Studi Teknik Pertanian USK Dr rer hort Indera Sakti Nasution STP MSc dengan Founder Jasasarjana Indonesia Azza Aprisaufa, disaksikan oleh Ketua Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (Perteta) Aceh, Dr Muhammad Idkham STP MSi, Career Development Centre (CDC) USK, Muhammad Iqbal Fajri MM MBa, dan Ketua Panitia Penyelenggara Dr Muhammad Yasar, STP MSc.

Menurut Indera, Jasasarjana ini merupakan aplikasi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para sarjana karena dapat membantu dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari bangku kuliah. Saat ini Prodi Teknik Pertanian USK telah melahirkan 992 lulusan dengan tiga profil profesional mandiri dan 10 Capaian Pembelajaran Lulusan.

Baca Juga:  FP USK dan BPDAS Krueng Aceh Jalin Kerjasama Pengelolaan DAS

“Para lulusan kita dapat bekerja diberbagai bidang seperti: enterpreneur, researhcer, trainner, manager, supervisor, desaigner, dan programmer di bidang keteknikan pertanian. Untuk itu keahlian yang diperoleh tersebut sangat potensial dijual dan dikembangkan lewat aplikasi Jasasarjana ini,” ungkap Indera.

Sementara itu, Founder Jasasarjana Indonesia, Azza Aprisaufa yang juga hadir sebagai motivator dalam talkshow tersebut menjelaskan bahwa aplikasi digital ini memang didesain untuk memudahkan para sarjana dalam mendarmabaktikan keahliannya.

Aplikasi ini berhasil meraih penghargaan ASTRA International dalam Program SATU Indonesia Awards 2018 Kategori Teknologi Terbaik Se Indonesia. Jasasarjana juga telah mendapatkan penghargaan dalam Anugerah Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada Program ICP “Idea Concept Paper” Teknologi Terbaik 2019.

Baca Juga:  Angkut BBM Bersubsidi, Dua Warga Aceh Besar Ditangkap Polisi

Selain Azza turut hadir sebagai narasumber Direktur International Scholarships Patner (ISP) Siti Aminah dan Ketua Perteta Aceh, Dr Muhammad Idkham STP MSi. Panitia juga turut mengundang Ikatan Alumni Teknik Pertanian (Ikateta) USK yang dihadiri Sekretaris Umum, T. Dedi Kiswayadi STP MP dan Career Development Centre (CDC) USK yang diwakili oleh Muhammad Iqbal Fajri MM MBa.

Artikel ini telah dibaca 24 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Hadiri Rapat Terbatas bersama Presiden, Pj Gubernur Aceh: PON Bangkitkan semangat Pembangunan dan Perekonomian Aceh

13 Juni 2024 - 10:52 WIB

Survei E-CARD Untuk Pilbup Aceh Selatan : Elektabilitas Popularitas Haji Mirwan Peringkat Pertama

12 Juni 2024 - 18:31 WIB

Haji Mirwan Bantu Korban Kebakaran Di Labuhanhaji Barat Aceh Selatan

11 Juni 2024 - 09:14 WIB

Panen Dukungan, Emak-emak Srikandi Sukarela Dukung Haji Mirwan Nyabub di Aceh Selatan

9 Juni 2024 - 11:22 WIB

Tetap Gaya dan Terlindungi di Kantor dengan Outfit Anti UV

9 Juni 2024 - 03:45 WIB

jaket anti uv

Mengenal Sosok Haji Mirwan, Pengusaha Sukses Jakarta Untuk Aceh Selatan Satu

6 Juni 2024 - 12:45 WIB

Trending di Berita