Menu

Mode Gelap

Berita · 20 Jul 2022 WIB ·

Warga Pasie Raja Keluhkan Pelayanan UPTD Kesehatan Ladang Tuha 


					UPTD Puskesmas Ladang Tuha, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan Perbesar

UPTD Puskesmas Ladang Tuha, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan

ACEH SELATAN – Sebagian warga Pasie Raja Aceh Selatan mengeluhkan pelayanan kesehatan dari UPTD Kesehatan (Puskesmas) Ladang Tuha Kecamatan Pasie Raja Aceh Selatan.

Pasalnya, UPTD Kesehatan (Puskesmas) tersebut sempat menelantarkan pasien dalam kondisi darurat sampai beberapa jam.

Selain itu, sebagian masyarakat menilai  sikap Kepala Puskesmas (Kapus) Ladang Tuha dr. H. Zulfansyah sebagai abai terhadap kondisi masyarakat yang membutuhkan pelayan kesehatan lembaga kesehatan pratama itu.

Buktinya, Kapus Ladang Tuha tidak menyediakan unit ambulance saat pasien membutuhkan.

Sebagaimana dialami Siti Masyitah, saat suaminya bernama Mufti (48), membutuhkan pelayanan kesehatan atas kecelakaan tunggal pada Senin 18 Juli 2022.

Baca Juga:  Irwandi Yusuf Diperiksa KPK

Menurut Siti Masyitah, dalam  kondisi parah, pihaknya  membawa suaminya ke Puskesmas Ladang Tuha,  karena fasilitas di sana terbatas, maka keluarga meminta dirujuk ke RSUD dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan.

Namun, alangkah kecewanya mereka, sebagaimana diakui istri korban Siti Masyitah, korban tidak seketika dirujuk ke RSUD dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan, dengan alasan surat rujukan harus dilengkapi dengan berbagai surat keterangan seperti BPJS dan surat keterangan dari Polsek setempat.

“Saya katakan, saya nggak penting surat saya yang penting suami saya segera ditangani dan dirujuk ke RSUD dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan,” kata Siti Masyitah.

Baca Juga:  Hasil Autopsi Imam Masykur, Benturan Benda Keras di Leher Akibatkan Pendarahan Otak

Dikatakan, setelah beberapa jam  surat rujukan diterima, namun  pihak Puskesmas tidak langsung membawa pasien ke RSUD dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan, karena tidak ada mobil ambulan.

Setelah dicari tahu ke sana kemari, petugas mengatakan, bahwa kunci mobil ambulan dibawa Kapus Ladang Tuha Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh dr. Zulfansyah ke Tapaktuan.

Namun akhirnya, keluhannya itu tercium oleh anggota dewan asal Kluet yakni Darmi atau dengan panggil Kecik Darmi yang kemudian membawanya ke RSUD dr. H. Yuliddin Tapaktuan dengan menyewa kenderaan roda empat

Baca Juga:  Kawasan Gunung Mata Ie Tercemar Limbah Plastik

“Sebagai bentuk tanggung jawab dan rasa kemanusiaan saya upayakan mencari kenderaan sewaan,” kata Darmi anggota DPRK dari fraksi PNA.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan Fakhrizal, SKM, yang dikonfirmasi KRUSIAL di Tapaktuan, Rabu (20/07/2022), menyesalkan sikap Kepala Puskesmas Ladang Tuha Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan yang mengabaikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita patut menyayangkan sikap seperti itu, kita sedang membenahi justeru ada Puskesmas yang begitu (maksudnya mengabaikan pelayanan prima), kunci, mobil tidak boleh dibawa pulang, ambulan harus siap tersedia, tanpa alasan,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 1,755 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Kandungan Bromat dalam Air minum Kemasan Bisa Picu Kanker, Bromat Lebih Bahaya dari BPA

14 Juni 2024 - 05:28 WIB

Hadiri Rapat Terbatas bersama Presiden, Pj Gubernur Aceh: PON Bangkitkan semangat Pembangunan dan Perekonomian Aceh

13 Juni 2024 - 10:52 WIB

Survei E-CARD Untuk Pilbup Aceh Selatan : Elektabilitas Popularitas Haji Mirwan Peringkat Pertama

12 Juni 2024 - 18:31 WIB

Haji Mirwan Bantu Korban Kebakaran Di Labuhanhaji Barat Aceh Selatan

11 Juni 2024 - 09:14 WIB

Trending di Berita