Menu

Mode Gelap

Berita · 15 Apr 2022 WIB ·

Yuk Cicip !!! “Sambai Oen Kayee” Kuliner Khas Aceh Yang Hanya Ada Di Bulan Ramadan


					Yuk Cicip !!! “Sambai Oen Kayee” Kuliner Khas Aceh Yang Hanya Ada Di Bulan Ramadan Perbesar

ACEH SELATAN – Bagi generasi kekinian mungkin tidak terlalu familiar dengan jenis kuliner khas Aceh yang satu ini, kuliner yang setiap Ramadhan tiba akan hadir d ada kuliner khas tersendiri bagi orang Aceh selain lemang, kanji rumbi dan kuliner lainnya, disebut dengan nama “Sambai Oen Kaye” atau oleh masyarakat Aceh juga lazim menyebutnya dengan nama sambai on peugaga.

Disebut sambai on Peugaga, memang salah satu bahan kuliner ini adalah daun pegagan (Centella Asiatica) selain daun muda lainnya seperti daun tapak liman, daun jambu muda (pucuk), serai, daun jeruk purut, dan berbagai jenis daun lainnya.

Baca Juga:  Team Advokat Maman Supriadi, SHI., MH dan Afrizal, SH Berhasil Mendorong Persoalan Hukum Kliennya Ke Restorative Justice Di Tingkat Kejaksaan

Pegagan termasuk tumbuhan liar yang mudah tumbuh di perkebunan, ladang, pematang sawah, bahkan tepian jalan.

Bukan daun biasa, pegagan memiliki banyak manfaat karena mengandung fitokimia triterpenoid dan tanin yang fungsinya adalah sebagai anti inflamasi, untuk penyembuhan luka, meluruhkan kencing, menurunkan panas saat demam, dan agar peredaran darah lebih lancar.

Sambai Oen Kaye, Kuliner khas Aceh di saat Ramadan ini lebih mirip urap ketimbang sambal, semua jenis daun muda tadi akan diolah dengan cara diiris halus-halus seperti benang kemudian diberikan bumbu kelapa gonseng, cabe merah, cabai rawit asam belimbing garam dan gula.

Baca Juga:  Jembatan Penghubung Ambruk di Nagan Raya, Tranportasi Mati Total

Rasa pedas dan gurihnya cenderung mirip urap kering dan sedikit sepat serta banyak serat saat dikunyah, namun kuliner ini tetap di tunggu disetiap Ramadan karena cita rasanya yang khas dan tidak dapat ditemukan di tempat dan bulan lain.

Setelah dikombinasikan sedemikian rupa lalu kuliner ini akan dibungkus dalam daun pisang berbentuk kerucut, di Aceh Selatan sendiri, kuliner sambai on Kaye ini telah dijajakan di gerai-gerai penjualan takjil dan selalu diincar oleh pencinta kuliner warisan Aceh itu. (Safdar)

Baca Juga:  Oh Pulo Dua, Kau Mencekik Kantong Ku
Artikel ini telah dibaca 123 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Haji Mirwan Dan Kesiapan Relawan Untuk Pilbup Aceh Selatan 2024

12 Mei 2024 - 18:49 WIB

Begini Syarat dan Tips Dapatkan KUR BRI 2024, Bisa Pinjam Rp20 Juta Bayar Rp500 Ribuan per bulan

28 April 2024 - 04:47 WIB

Petualangan Outbound di Bandung: Wisata Aktivitas Terbuka yang Tak Terlupakan

15 April 2024 - 03:19 WIB

outbound bandung

Dunia Farmasi: Pengertian, Peran, dan Komunitasnya

12 April 2024 - 03:44 WIB

Sebuah Panduan Word of Mouth Marketing untuk Brand Owner

4 April 2024 - 01:01 WIB

Jajan Takjil Khas Lombok : Tradisi Budaya Kebersamaan

28 Maret 2024 - 09:14 WIB

Jajan Takjil Khas Lombok
Trending di Daerah