Menu

Mode Gelap

Daerah · 4 Mar 2024 WIB ·

Pemkab Aceh Selatan Gelar Sosialisasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah


					Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan (Pemkab)  melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aspek Kegiatan Unggulan Daerah dan Bimbingan Teknis Aplikasi Puja Indah (Pusat Jejaring Inovasi Daerah), Aula BAPPEDA Lantai III, pada Senin, 04 Maret 2024.(Foto: Diskominfo Aceh Selatan). Perbesar

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan (Pemkab)  melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aspek Kegiatan Unggulan Daerah dan Bimbingan Teknis Aplikasi Puja Indah (Pusat Jejaring Inovasi Daerah), Aula BAPPEDA Lantai III, pada Senin, 04 Maret 2024.(Foto: Diskominfo Aceh Selatan).

Krusial | Aceh Selatan – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan (Pemkab)  melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aspek Kegiatan Unggulan Daerah dan Bimbingan Teknis Aplikasi Puja Indah (Pusat Jejaring Inovasi Daerah), di Aula BAPPEDA Lantai III, pada Senin, 04 Maret 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP, di wakili oleh Pj Sekda Ilham Sahputra, S.STP, M.Si dalam sambutannya mengatakan, salah kunci utama kemajuan daerah yang juga dibutuhkan dalam mewujudkan reformasi birokrasi adalah kemampuan untuk berinovasi dan menciptakan kreativitas, serta meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Setiap daerah sudah seharusnya terus melahirkan inovasi untuk menciptakan layanan yang optimal dan efisien bagi masyakarat. saat ini kita berada pada era dimana seluruh komponen pemerintah daerah dituntut untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan layanan yang terbaik kepada publik,” kata Pj Sekda Ilham Sahputra.

Undang – undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah telah menjelaskan bahwa inovasi merupakan bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

Baca Juga:  Meski Tak Masuk Dalam Peringatan Dini BMKG Aceh, Warga Diimbau Siaga Bencana

Ilham mengatakan, dalam mencapai tujuan tersebut, sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah.

Secara khusus, melalui peraturan menteri dalam negeri nomor 4 tahun 2023 tentang penjabat gubernur, penjabat bupati, dan penjabat wali kota, dijelaskan bawah kementerian dalam negeri akan melaksanakan evaluasi kinerja atas pelaksanaan tugas penjabat kepala daerah, yang meliputi aspek pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan secara berkala.

“Salah satu poin penting yang menjadi indikator evaluasi adalah penerapan dan pengembangan inovasi daerah, sehingga dapat melahirkan berbagai inovasi baru yang bermanfaat bagi optimalisasi layanan publik,” katanya.

Lebih lanjut, melalui kegiatan sosialisasi aspek unggulan daerah dan bimbingan teknis aplikasi pusat jejaring inovasi daerah (puja indah) pada hari ini, diharapkan akan mendorong peningkatan indeks inovasi daerah kabupaten Aceh Selatan.

Baca Juga:  IMPP Gelar Semarak Ramadhan Tahun Ke 14

Kegiatan ini juga akan memberikan gambaran terkait penilaian indeks inovasi daerah terutama indikator dan data dukung yang telah dan akan dilaksanakan oleh masing – masing SKPK.

“Untuk itu, kepada seluruh peserta sosialisasi diharapkan agar dapat mengikuti kegiatan dengan serius, sehingga nantinya dapat melahirkan komitmen bersama yang disertai perubahan pola pikir serta motivasi yang kuat untuk terus berinovasi dan melakukan perbaikan secara terus menerus dalam rangka peningkatan pelayanan publik khususnya di kabupaten Aceh Selatan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam laporan Ketua panitia Cut Dini Haryuni, SSTP, MPA  kabid litbang bappeda mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah berangkat daerah dalam Kabupaten Aceh Selatan dapat menentukan kegiatan unggulan daerah dan akan dimasukkan ke dalam program dan kegiatan pada rencana kerja Perangkat daerah(RENJA-PD) tahun 2025, dan terlaksananya bintik aplikasi Puja indah bagi admin perangkat daerah

“Berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 tahun 20023 tentang pejabat Gubernur, pejabat bupati, dan pejabat Walikota maka Kementerian Dalam Negeri akan melaksanakan evaluasi kinerja atas pelaksanaan tugas pejabat kepala  daerah yang meliputi aspek pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan secara berkala,” kata Cut Dini Haryuni, SSTP, MPA.

Baca Juga:  4 Orang Penyalahgunaan Narkoba Berhasil Diamankan Polres Aceh Selatan

Oleh karena itu, kata Cut Dini ,  Bappeda kabupaten Aceh Selatan selaku sekretaris tim pembuatan laporan bertanggung jawab pejabat bupati Aceh Selatan berinisiatif melaksanakan sosialisasi aspek kegiatan keunggulan daerah guna menemukan dan menentukan kegiatan unggulan yang dapat diciptakan.

“Inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan urusan pemerintah dan menjadi kewenangan pemerintah daerah dalam rangka menerapkan inovasi SPBE ( sistem pemerintahan berbasis elektronik) dengan platform pusat jejaringan inovasi daerah Puja Indah,” pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri; Kepala SKPK, Narasumber dari BUKAN Kemendagri RI, Kepala OPD dalam Kabupaten Aceh Selatan dan Admin opd aplikasi Puja indah.***

Baca dan cari artikelberita serta konten lainnya di Google News

Artikel ini telah dibaca 103 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News