Menu

Mode Gelap

Daerah · 6 Mar 2024 WIB ·

21 Gampong di Kecamatan Kluet Utara Ikuti Sosialisasi Pembentukan BMG


					Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan (BMK Asel) hadiri sosialisasi pembentukan Baitul Mal Gampong (BMG) di Kecamatan Kluet Utara, pada Rabu (06/03/2024). Perbesar

Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan (BMK Asel) hadiri sosialisasi pembentukan Baitul Mal Gampong (BMG) di Kecamatan Kluet Utara, pada Rabu (06/03/2024).

Krusial | Aceh Selatan – Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan (BMK Asel) hadiri sosialisasi pembentukan Baitul Mal Gampong (BMG) di Kecamatan Kluet Utara.

Sosialisasi itu diikuti oleh 21 Keuchik dalam Kecamatan Kluet Utara, Imum Mesjid, Sekdes, Kasi kesejahteraan gampong dan penyuluh agama di dari kantor urusan agama (KUA), pada Rabu, 06 Maret 2024.

Sosialisasi BMG dibuka langsung oleh camat yang diwakili oleh Sekcam Teuku Muzhar, SE,MM Dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap pembentukan BMG di Kecamatan Kluet Utara.

Menurut Teuku Muzhar, pembentukan Baitul Mal Gampong (BMG) Merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pengelolaan zakat di tingkat Gampong.

“Saya sangat mendukung pembentukan BMG di Kecamatan Kluet Utara.Hal ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pengelolaan zakat di tingkat Gampong,” kata Teuku Muzhar,SE, MM.

Sementara itu, Anggota Badan Baitul Mal Aceh selatan Ambrisaldin menjelaskan kegiatan sosialisasi pembentukan BMG sebagai Amil zakat di tingkat Gampong ini digelar secara cepat di seluruh Kecamatan dalam wilayah aceh selatan.

Baca Juga:  Modal HP, Anda Dapat Daftarkan BLT BBM Rp 600 Ribu untuk Pekerja dan Warga Miskin

Pembentukan BMG merupakan amanah Qanun Aceh No 3/2021 perubahan kedua atas Qanun Aceh No 10/2018 tentang Baitul Mal disebutkan susunan organisasi Baitul Mal Kabupaten salah satunya adalah BMG. Dalam menjalankan tugasnya hubungan BMK dengan BMG bersifat koordinatif dan pembinaan.

Susunan amil di BMG terdiri dewan penasehat dan pengurus. Dewan penasehat di isi oleh Keuchik Gampong dan Tuha Peut. Sedangkan, pengurus terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Selain itu Tgk Misbar juga mengatakan Ketua BMG dijabat langsung oleh Imuem Chik Gampong. Jika diperlukan BMG juga bisa membentuk urusan Pengumpulan Zakat, Distribusi serta urusan Wakaf dan harta keagamaan lainnya.

Baca Juga:  Illiza Sa'aduddin Djamal Sambangi Anjungan Aceh Selatan

Ia menuturkan, selain mengurus zakat, BMG juga bertugas menginventarisir mustahik, muzaki, anak yatim beserta walinya serta calon mustahik dari senif-senif lain.Disamping itu, BMG juga menginventarisir aset wakaf yang terletak di Gampong.

Terkait honorarium pengurus BMG dapat diplotkan pada hak Amil,Meski demikian senif Amil tetap bisa diambil dengan jumlah persentase sebatas kewajaran dari total zakat yang terkumpul.

Kabid DPMG Masrijal SE menyampaikan kebiasaan masyarakat selama ini dalam menunaikan zakat fitrah ialah melalui tengku Imuem yang bertindak sebagai Amil dibantu beberapa petugas lainnya. Amil tersebut terbentuk bersifat insidentil semata, tidak permanen, begitu zakat diterima dari masyarakat langsung disalurkan kepada mustahik.

“Pola seperti ini masih banyak terjadi di masyarakat, namun kiranya melalui BMG maka amil yang dibentuk kedepan sudah permanen sehingga program dan kegiatan pengelolaan zakat dapat lebih tersusun dengan baik sehingga manfaat zakat dapat lebih dirasakan oleh mustahik.

Baca Juga:  Cekmu, Sosok Dibalik Kemenangan Aceh Selatan Di PKA 8

Hal ini tidaklah serta merta merubah pola yang sudah menjadi kebiasaan di tengah masyarakat, melainkan hanya ingin mengatur agar pengelolaan zakat di Gampong itu lebih tertib dan seragam secara kabupaten.

Kegiatan sosialisasi pembentukan BMG di Kecamatan Kluet Utara ditutup dengan sesi tanya jawab. Para Keuchik Gampong yang hadir tampak antusias mengikuti sosialisasi tersebut.

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para Keuchik Gampong dapat memahami pentingnya pembentukan BMG dan dapat segera membentuk BMG di Gampong masing-masing,” tutup Tgk Misbar

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Tenanga Profesional BMK Mauna Lijar, mutia Dan Syarfi.***

Baca dan cari artikelberita serta konten lainnya di Google News

Artikel ini telah dibaca 142 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News