Menu

Mode Gelap

Berita · 1 Mei 2023 WIB ·

Warga Labuhanhaji Barat Minta Tambang Galian C di Tutup


					Warga Labuhanhaji Barat Minta Tambang Galian C di Tutup Perbesar

Krusial.com | Aceh Selatan – Warga kemukiman Kuta Trieng dan Blang Baru Labuhanhaji Barat menjumpai Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Irfannusir Rasman, untuk meminta galian C milik Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Desa Suak Lokan agar segera di tutup.

Sejumlah Tokoh – Tokoh masyarakat yang terdiri dari 9 Desa, yakni dari kemungkiman Kuta Trieng dan Blang Baroe Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (01/05/2023), beramai-ramai menjumpai Ketua Komisi V yang merupakan putra Labuhan Haji tersebut.

Dihadapan Irfanusir Masyarakat mengeluhkan galian C milik BUMG Desa Suak Lokan Labuhan Haji Barat tersebut, selama ada galian C, sawah warga di sekitaran galian C selalu terancam gagal panen.

Baca Juga:  Poltas Teken MoU dengan 5 DUDI Tingkatkan Mutu Pendidikan Vokasi Aceh

Sementara itu, Masyarakat juga mengeluhkan sumur-sumur sudah mulai mengering, dan lebih parah tanggul yang di bangun dengan anggaran Milyaran rupiah terancam amblas.

“Bahkan ada beberapa meter yg sudah amblas ke sungai, jika galian c ini tidak segera di tutup maka tanggul pengaman ini akan hancur dan perkampungan masyarakat akan seperti sediakala, setiap hujan turun perkampungan selalu terjadi banjir, tentu ini sangat membahayakan,” kata Tokoh Masyarakat Labuhan Haji Barat tersebut.

Mendengar keluhan tersebut, Irpannusir yang juga merupakan Ketua DPD PAN Aceh Selatan, meminta masyarakat untuk turun sama-sama ke lokasi, agar jangan terjadi fitnah.

Baca Juga:  Mahasiswa PMM Ke Politeknik Negeri Manado, Ini Harapan Direktur Poltas

“Kita sangat terkejut saat berada di lokasi, sudah ada tanggul pengaman yang jatuh ke sungai bahkan beberapa meter sudah terlihat hamparan geotex di bawah batu,” kata Irpannusir.

Melihat kondisi ini Ketua Komisi V DPRA, Irpannusir langsung menelpon Kepala Dinas ESDM Aceh, Ir Mahdinur, Ia meminta galian C di Desa Suak Lokan Labuhan Haji Barat agar segera di tutup.

Kadis ESDM langsung merespon laporan dari Irpannusir, Pihaknya akan segera turun untuk mengecek kebenaran info yang ada dilapangan, dan berjanji jika berpotensi mengancam keselamatan Desa, maka tentu izin nya akan di cabut.

Baca Juga:  Presiden Minta Jajaran Siap Hadapi Ketidakpastian Global

Irfannusir menjelaskan sebelum ada galian C, masyarakat sekitar mengais rezeki dari mengumpul kan batu, tapi sekarang rezeki mereka sudah berkurang karena ada alat berat yang beroperasi, belum lagi saat Adzan Magrib berkumandang mobil yang membawa material tersebut lalu lalang di depan mesjid dan sangat mengganggu aktifitas keagamaan.

“Saya berjanji untuk berusaha meminta kepada Pemerintah Aceh agar tidak memperpanjang izin tersebut, tentu kalau bukan kepada kita mereka mengadu kepada siapa lagi, karena kita adalah Wakil mereka, memang sudah pada tempat nya mereka mengadu,” pungkas Irfannusir.

Artikel ini telah dibaca 204 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Bank Aceh dan PT. Pegadaian Tandatangani MoU Tingkatkan Layanan Digital

17 Juli 2024 - 23:00 WIB

Maraknya Kasus Korupsi di Aceh, GPI Aceh Demonstrasi di Kejati Aceh

17 Juli 2024 - 12:03 WIB

Promosi Judi Online, Seorang Selebgram Asal Aceh Jaya Ditetapkan sebagai Tersangka

17 Juli 2024 - 11:28 WIB

Kajari Aceh Selatan Gelar Coffee Morning dengan Wartawan

17 Juli 2024 - 07:55 WIB

T. Bustami, Eks GAM Ajak Masyarakat Aceh Barat Pelihara Perdamaian

17 Juli 2024 - 02:50 WIB

Pertukaran Budaya Friendship Force Internasional, AAA Sambut Tamu dari Australia

16 Juli 2024 - 11:33 WIB

Trending di News