Menu

Mode Gelap

Berita · 26 Jul 2022 WIB ·

Tim Dokter Hewan BKSDA Aceh Periksa Kondisi Kesehatan Harimau Sumatera Di Tapaktuan 


					Dokter hewan BKSDA Aceh dan tim BKSDA Aceh Saat Melakukan Observasi Dan Pemeriksaan Kesehatan Harimau Di Tapaktuan, Selasa (26/7/2022) Photo : Krusial.com Perbesar

Dokter hewan BKSDA Aceh dan tim BKSDA Aceh Saat Melakukan Observasi Dan Pemeriksaan Kesehatan Harimau Di Tapaktuan, Selasa (26/7/2022) Photo : Krusial.com

Krusial.com| Aceh Selatan – Dokter Hewan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, drh. Rosa Rika Wahyuni, M.Si bersama tim BKSDA Aceh melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap harimau Sumatera yang sebelumnya masuk perangkap di Jorong Hulu, Tapaktuan.

Pemeriksaan kesehatan terhadap harimau yang sempat meneror warga Tapaktuan itu berlangsung halaman kantor Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah 1 Tapaktuan, Selasa (26/07/2022).

“Hasil pemeriksaan fisik sementara, harimau sumatera (Panthera tigris Sumatrae) berjenis kelamin jantan ini memiliki panjang 222 cm, berat 91 kg dan diperkirakan berumur 3,5 tahun,” ucap kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Selatan, Wirli kepada Krusial.com.

Baca Juga:  BNNK Aceh Selatan Laksanakan Press Release Capaian Akhir Tahun 2023

Wirli mengatakan, setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, dokter hewan BKSDA Aceh menyatakan secara fisik untuk sementara harimau sumatera dalam kondisi sehat.

“Secara fisik untuk sementara kondisi harimau sehat, kita telah melakukan pemeriksaan dan observasi terhadap kesehatannya dan sedang menunggu hasil pemeriksaan laboratorium sebelum dikembalikan ke habibatnya di kawasan hutan lindung, Kabupaten Aceh Selatan,” ungkap Wirli.

Sebelum, masyarakat Tapaktuan dikhawatirkan dengan kemunculan harimau sumatera di pemukiman warga, si raja hutan ini juga sempat memangsa ternak warga, berdasarkan informasi 9 ekor kambing telah dimangsanya.

Baca Juga:  Peduli Korban Banjir Trumon, CV Balga Indo Engineering Salurkan Air Mineral

Merespon hal itu BKSDA Aceh melakukan upaya penanggulangan dan koordinasi serta memasang box trap, pada Senin (25/7/2022) seekor harimau sumatera terperangkap dalam box trap yang dipasang di Jorong Hulu Tapaktuan, upaya ini juga melibatkan pawang tradisional BKSDA Aceh.(Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 1,168 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Mahmuddin Terpilih Sebagai Ketua HIMPASAY Yogyakarta

16 Juni 2024 - 11:34 WIB

Trending di News