Menu

Mode Gelap

Headline · 4 Jan 2022 WIB ·

T. Sukandi: Tambang Legal Menguntungkan Masyarakat dan Daerah


					T. Sukandi: Tambang Legal Menguntungkan Masyarakat dan Daerah Perbesar

ACEH SELATAN – Pemerhati Kebijakan Aceh Selatan (PeKA) Teuku Sukandi menyatakan, aktivitas tambang legal dapat menguntungkan masyarakat, dan daerah.

“Sebagaimana amanat UUD 1945 pasal 33 ayat 3 menyatakan, bahwa Bumi dan Air serta kekayaan yang terkandung didalamnya milik Negara dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran Rakyat,” kata Teuku Sukandi dalam pernyataannya di Tapaktuan, Selasa (4/1/2022).

Maka dari dasar hukum itu, lanjutnya, bahwa biji besi adalah salah satu unsur mineral dari dalam perut bumi sebagai harta kekayaan Negara tentu dibolehkan dikelola dengan baik berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku secara legal formal.

Baca Juga:  Polisi Amankan 5 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Aceh Selatan

“Secara aturan Minerba bagi perusahan yang telah diberikan hak pengelolaannya berdasarkan legal standing yang diberikan oleh perizinan satu atap tentu dibolehkan dalam melakukan kegiatan operasionalnya,” ujarnya.

Seperti, sambungnya lagi, tambang beji besi legal tentu saja daerah mendapatkan kontribusi melalui pajak dan royalti untuk meningkatkan PAD, dan banyak menampung tenaga kerja.

Demikian juga Aceh Selatan, pasti dengan kegiatan perusahaan Biji Besi tersebut Aceh Selatan akan mendapatkan distribusi untuk PAD-nya dan tentu nilai tambah lainnya, dengan sendirinya disaat pandemi Covid-19 ini, dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Baca Juga:  Satgas TMMD ke 118 Kodim 0107/Aceh Selatan Berikan Layanan Pengobatan Gratis

Bila kekayaan alam ini dapat dikelola dengan baik dengan cara legal formal maka dengan sendirinya telah ikut mensejahterakan masyarakat di daerah sekecil apapun keadaan itu maka lebih baik dari pada tidak ada kegiatan sama sekali.

“Semoga semua kita dapat memahaminya dengan baik sehingga tidak melahirkan polimik yang yang sama sekali tidak berarti,” pungkasnya. (IS)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Mahmuddin Terpilih Sebagai Ketua HIMPASAY Yogyakarta

16 Juni 2024 - 11:34 WIB

Trending di News