Menu

Mode Gelap

News · 20 Jan 2022 WIB ·

SSDM Polri: Polri Berkontribusi Mengoptimalkan Efektivitas RUU TPKS dengan Cara Meningkatkan Kapasitas dan Pelayanan Polwan


					SSDM Polri: Polri Berkontribusi Mengoptimalkan Efektivitas RUU TPKS dengan Cara Meningkatkan Kapasitas dan Pelayanan Polwan Perbesar

JAKARTA – Irjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil selaku Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri hadir memberikan materi mengenai “Peningkatan Pelayanan Polri yang Responsif Gender”. Kegiatan ini diinisiasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan polisi dalam menangani kasus kekerasan seksual.

Pada tahun 2021 hingga bulan November saja, terdapat 861 kasus perkosaan, 3.647 kasus pencabulan, 5.194 kekerasan dalam rumah tangga, dan 5.018 kasus terkait perlindungan anak yang dilaporkan. Hal ini tentunya menjadi miris karena Indonesia masih jauh dari kategori negara yang ramah akan perlindungan anak dan perempuan.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Selatan Kembali Menggelar Kegiatan Donor Darah

Di hadapan 3.200 peserta baik secara offline maupun online, Wahyu mengatakan bahwa dalam menanggapi meningkatnya tren kasus kekerasan pada perempuan dan anak, Polri perlu mempersiapkan dan membenahi diri.

“Peningkatan kualitas pelayanan kepolisian harus terus dilakukan sehingga peran Polwan menjadi sentral, dengan jumlah kasus yang semakin meningkat diharapkan Polri dapat terus berbenah,” ujar Wahyu.

Sebagai bagian penting dari Polri, menguatkan peran Polwan berarti meningkatkan pelayanan terhadap kasus kekerasan pada perempuan dan anak yang lebih efektif. Harapannya, peningkatan perspektif penyidik dapat memberikan pelayanan yang berpihak pada korban.

Baca Juga:  Ranum Rupiah di Lahan Izin Tambang

Kegiatan webinar “Peningkatan Pelayanan Polri yang Responsif Gender“ dilaksanakan selama dua hari di Artotel Suite Mangkuluhur, Semanggi yang dihadiri Polwan seluruh Indonesia, perwakilan dari TNI, dan beberapa lembaga lainnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara virtual.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional