Menu

Mode Gelap

Berita · 30 Jul 2022 WIB ·

Meski Tak Masuk Dalam Peringatan Dini BMKG Aceh, Warga Diimbau Siaga Bencana


					Kalaksa BPBD Aceh Selatan, H.Zainal A, SE. M. Si Perbesar

Kalaksa BPBD Aceh Selatan, H.Zainal A, SE. M. Si

Krusial.com| Aceh Selatan – Berdasarkan peringatan dini cuaca BMKG Aceh, hingga Sabtu (30/7/2022) wilayah kabupaten Aceh Selatan belum masuk dalam Peringatan Dini Potensi Cuaca Buruk seperti hujan lebat, kilat, petir dan angin kencang.

Potensi tersebut hanya berlaku untuk Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Pidie Jaya, dan Kota Lhokseumawe.

Baca Juga:  Terancam Abrasi Akibat Cuaca Buruk, BPBD dan Muspika Sawang Lakukan Panganan Darurat Di Lhok Pawoh

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, melalui BPBD Aceh Selatan mengimbau agar masyarakat Aceh Selatan untuk selalu siaga terhadap potensi bencana akibat cuaca buruk yang saat ini sedang terjadi.

Kalaksa BPBD Aceh Selatan, H.Zainal. A. SE. M. Si mengatakan warga harus waspada terhadap dampak cuaca saat ini, terlebih bagi masyarakat yang berdomisili di lokasi yang rawan bencana.

” Untuk masyarakat yang tinggal di lokasi tepi pantai, kawasan pegunungan kami imbau agar tetap waspada terhadap kemungkinan bencana, demikian juga pengendara yang melintasi kawasan pegunungan yang rawan longsor dan banyak pepohonan agar selalu berhati-hati, utamakan keselamatan,” imbaunya.

Baca Juga:  Terjun Langsung Kelapangan, Dinsos dan BPBA Di Utus Pj Gubernur Aceh

Sementara itu, lanjutnya masyarakat pesisir dan nelayan juga agar selalu waspada terhadap kemungkinan gelombang tinggi akibat pengaruh cuaca yang masih belum stabil saat ini.

Kalaksa juga meminta agar seluruh petugas BPBD, baik pos PB Damkar, TRC dan Pusdalops agar selalu memantau perkembangan kerawanan bencana dan selalu siaga.

“Tingkatkan kesiagaan dan terus berkoordinasi terkait kondisi di lapangan,” lanjutnya.

Aceh Selatan merupakan salah satu kabupaten yang rawan bencana di provinsi Aceh, pemerintah melalui BPBD, Stakeholder terkait dan TNI – Polri terus melakukan upaya-upaya untuk meminimalisir terjadinya bencana dan dampak yang ditimbulkan kepada masyarakat.(Safdar.S)

Baca Juga:  Bersama Dinas Terkait, Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Pembinaan Tanggap Bencana
Artikel ini telah dibaca 373 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Mahmuddin Terpilih Sebagai Ketua HIMPASAY Yogyakarta

16 Juni 2024 - 11:34 WIB

Trending di News