Menu

Mode Gelap

Nasional · 7 Jun 2024 WIB ·

Menteri Investasi Ungkap Alasan Pemberian WIUPK dan IUP ke Organisasi Keagamaan


					Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam Konferensi Pers : Redistribusi IUP kepada Masyarakat untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang Inklusif dan Berkeadilan di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta pada Jumat (7/6/2024). (Foto : Akun Youtube Resmi Kementerian Investasi/BKPM). Perbesar

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam Konferensi Pers : Redistribusi IUP kepada Masyarakat untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang Inklusif dan Berkeadilan di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta pada Jumat (7/6/2024). (Foto : Akun Youtube Resmi Kementerian Investasi/BKPM).

Krusial | Jakarta – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengungkapkan alasan pembagian Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) dan Izin Usaha Pertambahan (IUP) kepada Organisasi Keagamaan yang memiliki badan usaha.

Hal itu disampaikan Bahlil dalam Konferensi Pers: Redistribusi IUP kepada Masyarakat untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang Inklusif dan Berkeadilan di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta pada Jumat, 07 Juni 2024.

“Organisasi keagamaan itu merupakan bagian aset negara dan mereka mengurus umat. Dalam implementasi penyelenggaraan negara, rasanya kita belum bisa memaksimalkan potensi-potensi perhatian dari resources yang ada pada SDA Negara terutama pada sektor pertambangan,” kata Bahlil Lahadalia.

Baca Juga:  Terlibat kasus Narkoba Tiga orang pria warga Aceh Selatan diamankan Polisi

Menteri Investasi Bahlil menyebutkan rujukan pemberian izin ini sendiri yaitu Pasal 6 ayat 1 huruf J Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, sehingga pemerintah berhak memberikan prioritas wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK).

Bahlil juga menuturkan peran dari organisasi keagamaan sangatlah signifikan dalam menangani permasalahan di beberapa wilayah seperti di Ambon dan Aceh. Selain itu, Organisasi keagamaan juga turut membantu pemerintah dalam mensejahterakan umat di beberapa sektor seperti pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga:  523 Bacaleg DPRK Aceh Selatan Jalani Tes Baca Al-Qur’an

“Peran serta dari organisasi-organisasi keagamaan ini sangatlah penting dari berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya. Dalam menangani konflik-konflik yang ada di negara kita, kehadiran daripada organisasi-organisasi keagamaan ini sangatlah signifikan, bahkan kadang-kadang lebih duluan dari pemerintah,” ucap Bahlil.

Kepala BKPM itu juga menambahkan bahwa atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta IUP juga diberikan kepada para organisasi masyarakat dan tidak hanya dikuasai oleh perusahaan serta investor besar.

Baca Juga:  Tiga Ribu Lebih Jemaah Haji Aceh Sudah Pulang ke Tanah Air

“Pandangan Presiden menyampaikan bahwa IUP  ini jangan hanya dikuasai oleh perusahaan perusahaan gede, oleh investor-investor besar karena dalam beberapa kunjungan, organisasi pemerintah itu juga diperankan tidak hanya sebagai objek namun juga sebagai subjek,” ujar Kepala BKPM.

Sebagai informasi, sebelumnya Presiden Jokowi menerbitkan aturan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah PP Nomor 25 tahun 2024 tentang Perubahan Atas PP Nomor 96 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara.****

Artikel ini telah dibaca 37 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News