Menu

Mode Gelap

Berita · 11 Mei 2022 WIB ·

Masih Berpotensi Cuaca Buruk, Masyarakat Aceh Selatan Diharap Waspadai Resiko Bencana


					Masih Berpotensi Cuaca Buruk, Masyarakat Aceh Selatan Diharap Waspadai Resiko Bencana Perbesar

ACEH SELATAN – Potensi cuaca buruk masih melanda provinsi Aceh hingga beberapa hari ke depan. Berdasarkan data Prakiraan Cuaca Bagian Barat Dan Selatan dari BMKG Stasiun Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya pada Rabu (11/5/2022) , angin ketinggian permukaan berhembus hingga mencapai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 5 hingga 25 km perjam.

Sementara itu, ketinggian gelombang perairan barat dan selatan Aceh diperkirakan 1,25 meter hingga 2.0 meter.

Baca Juga:  Antisipasi Pengangguran Terdidik, TP USK Jalin Kersajama Dengan Jasasarjana Indonesia

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP melalui Sekretaris BPBD Aceh Selatan, Fadli Suhada, SE, M.Si.mengatakan, kondisi cuaca ini juga dapat terjadi dibeberapa kecamatan di Aceh Selatan seperti kecamatan Bakongan, Kluet Utara, Kluet Selatan, Labuhan Haji, Meukek, Samadua, Sawang, Tapaktuan, Pasi Raja, Labuhan Haji Timur, Labuhan Haji Barat, Kluet Timur, Bakongan Timur, Trumon Timur, Kota Bahagia, dan Trumon Tengah.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Pemerintah kabupaten Aceh Selatan melalui BPBD menghimbau agar masyarakat mewaspadai dampak yang dapat ditimbulkan dari kondisi cuaca yang belum bersahabat itu.

Data prakiraan BMKG Stasiun Meteorologi kelas 1 Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.

Suhada melanjutkan berdasarkan data prakiraan BMKG Stasiun Meteorologi kelas 1 Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, pada tanggal 11 / 12 Mei 2022, ketinggian gelombang di perairan barat Aceh dan Samudera Hindia Barat Aceh mencapai 2.50 hingga 4.00 meter dimana ini masuk dalam kategori gelombang tinggi.

Baca Juga:  Manajemen Kolaboratif dalam Rencana Pengelolaan Tahura Trumon

“Kami menghimbau agar masyarakat, khususnya nelayan dapat mewaspadai dan siaga terhadap gelombang tinggi serta dampak cuaca, hujan, petir dan angin kencang,” ucapnya kepada Krusial.com ,Rabu (11/5/2022).

Data Prakiraan Cuaca BMKG Stasiun Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya.

Suhada melanjutkan, petugas BPBD dan Damkar Aceh Selatan juga selalu siap siaga di lapangan, untuk melaporkan setiap perkembangan situasi yang ditimbulkan akibat cuaca buruk dan kebencanaan lainnya.

Baca Juga:  Kota Banda Aceh Terpilih Sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas Se Indonesia

” Petugas selalu siaga ,melapor dan menindaklanjuti jika terjadi dampak akibat cuaca buruk saat ini,” tandasnya. (Safdar.S)

Artikel ini telah dibaca 130 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional