Menu

Mode Gelap

Berita · 30 Jun 2022 WIB ·

Laksanakan PKMBP, Dosen USK Bantu Kembangkan Usaha Masyarakat Berbasis Ikan


					Laksanakan PKMBP, Dosen USK Bantu Kembangkan Usaha Masyarakat Berbasis Ikan Perbesar

BANDA ACEH – Sebagai daerah pesisir, Aceh memiliki potensi hasil laut yang sangat kaya, salah satunya ikan. Selain digunakan sebagai lauk pauk, ikan juga dapat diolah menjadi berbagai jenis penganan makanan yang lezat, sehat dan bergizi.

Basreng atau bakso goreng merupakan diantara produk olahan berbasis ikan yang belakangan sangat populer di tengah-tengah masyarakat. Selain sensasi rasanya yang lekat di lidah, basreng juga memiliki nilai gizi tinggi, dan tentunya memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan.

Baca Juga:  PT. BMU Laporkan Koordinator Aksi Tolak Tambang Menggamat, YARA Aceh Selatan Siap Berikan Pendampingan Hukum

Untuk membantu pengembangan usaha basreng masyarakat, Dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang terdiri-dari Mustaqimah STP MSc, Dr Khairi MSi, Raida Agustina STP MSc, Dr Sri Hartuti STP MT dan Dr Muhammad Yasar STP MSc menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis Produk (PKMBP) di Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

“Masyarakat binaan, kelompok Sea Cuba Basreng Gampong Deah Raya, sebelumnya memproduksi basreng secara konvensional sehingga baik secara kuantitas dan kualitas belum dapat bersaing dipasaran, oleh sebab itu kami coba perkenalkan Teknologi Tepat Guna berupa alat penggiling bakso portable,” ujar Ketua Tim, Mustaqimah STP MSc.

Baca Juga:  Polisi Bongkar Sindikat Joki UTBK SBMPTN Di Jatim, 8 Orang Ditangkap

Menurut Mustaqimah, selain membantu TTG, masyarakat binaan juga dibantu perbaikan teknologi kemasan dan sistem pemasaran.

“kita berharap basreng yang sedang dikembangkan oleh masyarakat binaan kita dapat menjangkau segmen pasar yang lebih luas,” ujar Mustaqimah.

Sementara Nosi, salah seorang masyarakat binaan mengaku sangat senang atas upaya yang sedang digiatkan oleh para Dosen USK tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan teknologi ini dan tentunya program seperti ini sangat bermanfaat bagi kami,” ucap Nosi.

Baca Juga:  Modal HP, Anda Dapat Daftarkan BLT BBM Rp 600 Ribu untuk Pekerja dan Warga Miskin
Artikel ini telah dibaca 152 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

BNI-Mastercard Perkenalkan Kartu Kredit untuk Milenial dan Gen Z

14 Juni 2024 - 09:10 WIB

Hadiri Rapat Terbatas bersama Presiden, Pj Gubernur Aceh: PON Bangkitkan semangat Pembangunan dan Perekonomian Aceh

13 Juni 2024 - 10:52 WIB

Survei E-CARD Untuk Pilbup Aceh Selatan : Elektabilitas Popularitas Haji Mirwan Peringkat Pertama

12 Juni 2024 - 18:31 WIB

Harga Gabah Kering Panen di Abdya Capai Rp 6.000 per Kg

11 Juni 2024 - 11:56 WIB

Haji Mirwan Bantu Korban Kebakaran Di Labuhanhaji Barat Aceh Selatan

11 Juni 2024 - 09:14 WIB

Bursa Saham Wall Street Melorot meski Laporan Tenaga Kerja AS Menguat

10 Juni 2024 - 06:47 WIB

Trending di Dunia