Menu

Mode Gelap

Berita · 30 Jul 2022 WIB ·

Korlantas Segera Hapus Data STNK Mati Pajak Dua Tahun 


					Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Firman Shantyabudi, Photo: HO Perbesar

Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Firman Shantyabudi, Photo: HO

Krusial.com| Jakarta – Sesuai dengan aturan pasal 74 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Korlantas Polri akan segera mengimplementasikan aturan penghapusan data STNK yang mati pajak selama 2 tahun.

“Kita ingin secepat-cepatnya ya, karena aturan ini sudah sejak 2009 di undang-undangkan, ” jelas Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Firman Shantyabudi, Jumat (29/7/2022).

Firman Shantyabudi menjelaskan apabila aturan tersebut telah diberlakukan, maka kendaraan yang pajaknya mati selama dua tahun akan dianggap bodong. Dia berharap dengan adanya aturan ini masyarakat bisa lebih disiplin membayar pajak.

Baca Juga:  Personel Kompi I Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Aceh Patroli Siaga Bencana Banjir Di Trumon, BPBD Tetap Siaga

“Kita ingin data ini kita pastikan valid karena dengan valid data, pemerintah bisa mengambil kebijakan. Langkah untuk pembangunan masyarakat dengan lebih baik,” jelas Kakorlantas.

Sebelumnya, Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Yusri Yunus mengatakan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) menunggak pajak atau mati selama dua tahun akan menjadi ilegal digunakan di jalan raya.

“Kalau 2 tahun itu bagaimana sistemnya? Kami sudah mengatur, kami kasih peringatan pertama 3 bulan, peringatan kedua 1 bulan, peringatan ketiga adalah 1 bulan, kalau tetap tidak dibayarkan, baru kami hapus. Untuk regulasinya juga sudah ada di masing-masing provinsi. Sudah ada peraturan gubernur,” jelasnya.(Redaksi)

Baca Juga:  Sejumlah Desa Di Aceh Selatan Diterjang Banjir, Longsor Sempat Tutup Badan Jalan
Artikel ini telah dibaca 430 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan