Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 21 Mar 2022 WIB ·

Kini Urus Paspor Bisa di Aceh Selatan


					Kini Urus Paspor Bisa di Aceh Selatan Perbesar

ACEH SELATAN – Pendirian Unit Kerja Keimigrasian (UKK) kelas II Non-TPI Meulaboh di Kabupaten Aceh Selatan, berawal dari sebuah cita-cita untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, yang direalisasikan dengan berbagai rangkaian proses.

Keinginan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk memiliki kantor imigrasi sendiri akhirnya terwujud, Senin (211/03/2022). Peresmian ini ditandai dengan Penandatangan Prasasti oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Aceh, Drs. Meurah Budiman, SH.,MH, dan pengguntingan pita dilakukan oleh Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dan Kakanwil Kemenkum dan HAM Aceh.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, mengatakan, Pendirian UKK kelas II Non-TPI Aceh Selatan melalui proses panjang, mulai dari persiapan, dilanjutkan dengan studi kelayakan, dan bermuara pada penanda tanganan perjanjian kerja sama tentang pembentukan unit kerja kantor imigrasi di Kabupaten Aceh Selatan yang akan diresmikan pada hari ini.

Baca Juga:  Jelang Pilkada, DPW Muda Seudang Aceh Selatan Ingatkan Jaga Persatuan

Lanjutnya, sehingga dengan diresmikan UKK kelas II Non-TPI Aceh Selatan ini, masyarakat Aceh Selatan dan wilayah tetangga seperti Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Aceh Barat Daya, dan Simeulue, akan memangkas jarak dan waktu, serta biaya yang diperlukan masyarakat dalam pengurusan dokumen keimigrasian, dimana sebelumnya setiap pengurusan dokumen keimigrasian harus datang ke kota Meulaboh atau ke Banda Aceh.

“Kakanwil Kemenkum dan HAM Aceh beserta jajaran yang telah memberikan respon positif serta dukungan akan keberadaan Unit Kerja Keimigrasian (UKK) kelas II Non-TPI Meulaboh di Kabupaten Aceh Selatan,” kata Bupati Tgk Amran.

Baca Juga:  Karhutla Hanguskan Lahan Sawit di Bakongan

“Semoga kerjasama ini terus terjalin dan semakin baik dimasa mendatang,” ungkap Tgk Amran.

Bupati Tgk Amran, berharap kiranya hal ini memberi manfaat yang besar bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat serta dapat menjadi fasilitas pelayanan publik yang mudah, murah, dan cepat.

“Imigrasi juga untuk memantau lalu lintas dan status keimigrasian berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama melakukan penentuan status keimigrasian bagi orang asing yang berada di indonesia serta penelitian terhadap kebenaran bukti-bukti kewarganegaraan seseorang mengenai status kewarganegaraannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kakanwil Kemenkum dan HAM Aceh, Drs. Meurah Budiman, SH., MH, mengatakan ini UKK pertama yang dibuka di Aceh yaitu Aceh Selatan dan bentuk kolaborasi serta kerjasama yang baik dengan pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

Baca Juga:  Warga Kembali Keluhkan Tingginya Sejumlah Harga Bahan Pokok

“Dengan peresmian Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Meulaboh di Aceh Selatan, masyarakat Aceh atau sekitarnya sudah mendapatkan pelayanan dan pengawasan di bidang keimigrasian di Kabupaten Aceh Selatan dan sekitarnya,” ungkapnya.

Peresmian ini dihadiri oleh Bupati Aceh Singkil, Dulmursid, Wakil Wali Kota Subulussalam, Drs. Salmaza, M.AP, perwakilan Bupati Aceh Barat Daya, Forkopimda Aceh Selatan, Pimpinan tinggi dan pejabat struktural di lingkungan Kemenkumham Aceh, anggota DPRK Aceh Selatan, para asisten, staf ahli, camat, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala SKPK. (Kausar)

Artikel ini telah dibaca 53 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News