Menu

Mode Gelap

Headline · 29 Mar 2022 WIB ·

Kembalikan Kerugian Negara, Keluarga Terdakwa Reiza Yunus Mohon Keringanan Hukuman


					Kembalikan Kerugian Negara, Keluarga Terdakwa Reiza Yunus Mohon Keringanan Hukuman Perbesar

ACEH SELATAN – Penitipan uang atas kerugian keuangan negara oleh terdakwa Reiza Yunus kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cabang Kejaksaan Negeri Aceh Selatan di Bakongan  melalui rekening RPL 074 PDT KEJARI 006270 U Korupsi sebesar Rp. 73.532.900 dalam perkara tindak pidana korupsi penyelewengan pada pengelolaan anggaran dana desa Gampong Keude Bakongan Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan Tahun Anggaran 2019.

Uang di terima oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mohamad Rizki melalui Kasubsi Intelijen dan Datun M. Arifin Siregar, SH sejumlah Rp. 73.532.900 (Tujuh Puluh Tiga Juta Lima Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Sembilan Ratus Rupiah) dari pihak keluarga terdakwa Reiza Yunus yang diwakilkan oleh istri terdakwa, Selasa (29/03/2022).

Baca Juga:  Maju Sebagai Calon Ketua PWI Asel, Ini Pengalaman dan Karir Taufik Zass

Penitipan sejumlah uang tersebut berkaitan dengan perkara tindak pidana korupsi Penyalahgunaan dana desa tahun anggaran 2019 Gampong Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, yang merupakan pengembalian kerugian keuangan negara dari terdakwa Reiza Yunus untuk dititipkan di rekening titipan Cabang Kejaksaan Negeri Aceh Selatan di Bakongan pada BSI Cabang Tapaktuan Bakongan RPL: 074 PDT KEJARI 006270 U KORUPSI untuk PDT Rekening: 7745657847, sambil menunggu putusan pengadilan tetap untuk perkara tersebut.

Penitipan kerugian keuangan negara itu, ikut serta dihadiri oleh Camat Kecamatan Bakongan yaitu Fadhil Ermijal, S.Sos,  Plt. Keuchik Memorizal, Bendahara Keude Bakongan Masri Handika Saputra, SKM dan Tuha Peut Junaidi.

Baca Juga:  Keluarga Serahkan DPO Tersangka Penganiayaan Berat Ke Polisi

Penyerahan tersebut juga disaksikan oleh ibu kandung dan istri dari terdakwa Reiza Yunus.

Menurut JPU melalui Kasubsi Intelijen dan Datun MA Siregar mengatakan, bahwa tindakan para terdakwa mengakibatkan kerugian keuangan negara dalam pengelolaan APBDes pada Gampong Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan T.A. 2019 sebesar Rp. 265.307.663,00,- (Dua ratus enam puluh lima juta tiga ratus tujuh ribu enam ratus enam puluh tiga rupiah).

“Acara penitipan kerugian keuangan negara oleh terdakwa Reiza Yunus kepada Jaksa Penuntut Umum Cabang Kejaksaan Negeri Aceh Selatan di Bakongan tersebut dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Arifin Siregar.

Baca Juga:  75 Warga Aceh Selatan Terima Bantuan UEP

Sementara itu, pihak keluarga diwakili pengacara Husnul Sinaga mengharapkan agar pihak JPU dan dewan hakim yang menyidang kan perkara ini, dapat mempertimbangkan hukuman kepada terdakwa Reiza Yunus.

“Melalui bapak kami mohon untuk membebaskan anak kami dari segala tuntutan ataupun meringankan hukuman setelah adanya penyerahan uang kerugian negara ini,” kata Husnul Sinaga mengutip harapan permohonan ibu kandung terdakwa.

Pada kesempatan itu, Kacabjari Bakongan yang diwakili Kasubsi Intelijen dan Datun Kecabjari Bakongan Datun M. Arifin Siregar, SH menyatakan akan menyampaikan ke pihak atasan dan dewan hakim yang mengadili perkara tersebut.

Artikel ini telah dibaca 24 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional