Menu

Mode Gelap

Nasional · 14 Mar 2024 WIB ·

KAI Commuter Tandatangani Kerja Sama dengan JRTM Jepang


					KAI Commuter Tandatangani Kerja Sama dengan JRTM Jepang Perbesar

Krusial | Jakarta – KAI Commuter kembali melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) dengan JRTM Jepang. Sebelumnya mereka juga telah melakukan penandatanganan kontrak kerja sama multy years pengadaan suku cadang KRL periode ke, atau Long Term Purchase Agreement (LTPA) dengan periode kerja sama 2024-2027 dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat pengguna Commuter Line.

Pada penandatangan kontrak dan nota kesepahaman kerja sama tersebut, PT KCI diwakili oleh Direktur Utama Asdo Artriviyanto.

Ia menyampaikan, kerja sama yang saling menguntungkan itu akan terus berlanjut dalam rangka mendukung kelancaran operasional Perkeretaapian di masa mendatang, khususnya di wilayah Jabodetabek.

“Pada lima tahun terakhir, PT KCI terus menjalin kerja sama dengan pihak Jepang dalam pengadaan suku cadang, peningkatan kompetensi pegawai dan hal-hal lain guna mendukung KRL di Indonesia dapat beroperasi dengan baik,” ujar Asdo pada Rabu, 13 Maret 2024.

Baca Juga:  Enam Kios Warga Ludes Terbakar di Nagan Raya

Dalam kontrak kerja sama LTPA yang ditandatangani memiliki total nilai investasi kerja sama dari tahun 2024 s.d 2027, kurang lebih dengan nilai Rp734 miliar.

“Dengan total investasi nilai kerja sama LTPA ini untuk memastikan ketersediaan suku cadang dan perawatan sarana KRL berjalan dengan baik untuk kebutuhan operasional pelayanan KAI Commuter selama tiga tahun kedepan,” tambah Asdo.

Selain penandatanganan kontrak kerja sama LTPA terkait pengadaan suku cadang KRL, KAI Commuter juga melakukan penandatanganan MoU dengan JRTM Jepang ini meliputi:

– Perpanjangan umur teknis untuk seri JR 205 dengan program peremajaan;
– Mempromosikan dan bekerjasama dalam perawatan dan pengelolaan penyediaan jasa suku cadang;
– Pelatihan dan transfer knowledge untuk mendukung dan mempersiapkan implementasi peremajaan sarana;
– Pertukaran tenaga ahli;
– Penyediaan suku cadang dan manajemen persediaan; dan
– Bidang lainnya yang terkait.

Baca Juga:  Aktivitas Pengangkutan Batu Bara AJB Cemari Lingkungan Warga

Sebelum agenda penandatanganan, KAI Commuter juga melakukan kunjungan ke MLIT (Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism) Japan, didampingi oleh Athub KBRI untuk menjalin hubungan baik dan kerja sama dalam pengembangan layanan KAI Commuter kedepannya.

Selain itu, KAI Commuter juga melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Indonesia di Jepang untuk melaporkan bentuk kerja sama ini.

PT KCI sebagai operator Commuter Line, saat ini telah mengangkut dan melayani rata-rata pengguna satu juta lebih orang per hari di seluruh wilayah operasionalnya.

Baca Juga:  PM IMMASA - Aceh Barat Lakukan Kunjungan Ke Sekolah di Sawang, Aceh Selatan

PT KCI akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan berkolaborasi banyak pihak sehingga tercipta ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia yang memudahkan masyarakat dalam bermobilisasi.

Kepala Sekretaris Perusahaan KAI Commuter, Anne Purba menyampaikan, pihaknya akan terus membuka kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk peningkatan layanan kepada penggunanya.

“Transportasi publik seperti KRL harus terus berkembang agar target dua juta lebih pengguna per hari tercapai. KAI Commuter juga harus siap mengembangkan layanan diluar Jabodetabek, dan mendorong Pemerintah untuk melakukan elektrifikasi di berbagai wilayah Indonesia,” tutup Anne.

Sebelumnya, KAI Commuter telah melakukan penandatanganan pengadaan sarana KRL dengan PT INKA (Persero) dan CRRC Sifang China.

source: infoPublik

Artikel ini telah dibaca 16 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News