Menu

Mode Gelap

Berita · 14 Jun 2022 WIB ·

Jambo Hatta, Mengintip Kuta Naga Yang Mempesona


					Jambo Panorama Hatta, Desa Lhok Rukam, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan Perbesar

Jambo Panorama Hatta, Desa Lhok Rukam, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan

ACEH SELATAN – Bagi anda yang suka mengabadikan panorama atau hanya sekedar menikmati pemandangan yang panoramik wajib bertandang ke panorama Jambo Hatta yang terletak di pegunungan desa Lhoek Rukam kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan.

Tentunya bukan tempat yang asing bagi yang pernah melintas kabupaten Aceh Selatan, bangunan yang terletak tepat di puncak gunung ini merupakan tempat rehat sang proklamator kemerdekaan Indonesia yaitu Muhammad Hatta.Dalam kunjungan kenegaraanya, wakil presiden pertama Indonesia ini singgah di lokasi tersebut sebelum melanjutkan perjalanannya.

Baca Juga:  Akhiri Masa Bakti di POLTAS, M.Yasar Sampaikan Salam Perpisahan, Ini Pesannya!

Nah belakangan, lokasi ini dinamai Jambo Hatta (Pondok Hatta), oleh pemerintah juga telah diabadikan kunjungan tersebut melalui sebuah prasasti yang dituliskan nama sang Proklamator Bung Hatta.

Panorama Gunung Panjupian Dan Samudera Hindia Yang Diabadikan Dari Sisi Kiri Jambo Panorama Hatta

Dari panorama Jambo Hatta yang berjarak dari ibukota kabupaten Aceh Selatan hanya sekitar 9,4 Km ini, kita dapat melihat langsung panorama keindahan samudera Hindia, indahnya Pantai Panjupian yang dipadukan keperkasaan gunung bukit barisan dan sekaligus kita bisa melihat indahnya desa Lhoek Rukam dengan pantainya yang seolah-olah memanggil pengunjung mengunjunginya.

Baca Juga:  Pelaku Usaha Fotografi Dapat Dibimbing Dari Dinas Koperasi dan UKM Aceh

Tak hanya itu, karena terletak di dataran tinggi, hawa sejuk yang sangat segar dapat anda nikmati sembari mendengar suara nyanyian burung rimba dan pekikan primata dari dalam hutan yang masih terjaga.

Di Jambo Hatta ini anda juga akan betah berlama-lama sambil menikmati berbagai suguhan kuliner khas Aceh Selatan. Baik makanan maupun minuman tersedia beragam dan segera menyegarkan kembali anda yang lelah setelah melakukan perjalanan.

Panorama Pegunungan Lhok Rukam dan Samudera Hindia yang diabadikan dari sisi kanan Panorama Jamboe Hatta

Sarwati, mengaku sangat senang berlama-lama di panorama Hatta sembari berisitirahat setelah melakukan perjalanan dari Aceh Singkil ke Aceh Jaya.

Baca Juga:  Keuchik Ujung Tanoh : Buaya Di Krueng Itam Sudah Ada Sejak Lama, Baru Kali ini Menyerang

Menurutnya jika ingin melihat keindahan Aceh Selatan dan pesonanya itu dapat dinikmati dari panorama Hatta, dipuncak itu pengunjung dapat sekaligus menikmati berbagai panorama alam yang ada di Aceh Selatan.

“Kalau diistilahkan, panorama Hatta ini pos pantau destinasi wisata di Aceh Selatan, bagi kami yang memiliki keterbatasan waktu, singgah sebentar di Jambo Hatta sama dengan sudah berkeliling wisata di Aceh Selatan,” ucapnya.(Safdar.S)

Artikel ini telah dibaca 96 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan