Menu

Mode Gelap

Nasional · 10 Jun 2024 WIB ·

IKN Jadi Instrumen Wujudkan Keadilan Sosial


					Desain kawasan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Foto: Istimewa/InfoPublik). Perbesar

Desain kawasan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Foto: Istimewa/InfoPublik).

Krusial | Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menegaskan, penetapan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim merupakan instrumen untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Dengan adanya IKN. Maka kebijakan-kebijakan yang diputuskan pusat, akan berpihak kepada wilayah-wilayah tersebut,” kata Akmal melalui keterangan resmi, saat menjadi Narasumber Seminar Nasional Evaluasi Otonomi Daerah di Manado, seperti dilansir ANTARA, pada Minggu, 09 Juni 2024.

Baca Juga:  Beasiswa Aperti BUMN 2024 Dibuka, Gratis Biaya Kuliah dan Kerja di BUMN

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Kampus Fisipol Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado.

“Bagi saya, masa depan Indonesia. Di mana, Indonesia Timur. Timur Indonesia itu di mana, yaitu IKN,” ujar Akmal.

Karena itu, Pemprov Kaltim sangat mengharapkan perguruan tinggi yang berada di sekitaran IKN turut mendukung dan berkontribusi.

Memang, saat ini, lanjut Akmal, IKN belum sepenuhnya jadi. Namun demikian, kelak ketika IKN sudah keluar dari wilayah Kaltim. Maka, Pemprov Kaltim tetap berhak memberikan dukungan.

Baca Juga:  Valentino Rossi dan Marc Marquez Merespon tentang Sirkuit Mandalika Menjadi Tuan Rumah Moto GP Indonesia 2022

“Itu sebabnya, dengan memimpin sebagai Pj Gubernur, saya wajib melakukan komunikasi-komunikasi yang ada di masing-masing daerah dapat tercapai. Termasuk dukungan dari Sulawesi Utara,” pesannya.

“Begitu juga perguruan tinggi turut mendukung IKN. Pertanyaan saya, silahkan apa yang mau dikerjasamakan dengan Kaltim, sehingga berkontribusi untuk IKN,” sambungnya.

Menurut Akmal, kerja sama itu bermacam-macam. Silahkan saja Unsrat mengajukan permohonan itu. Apakah kerja sama untuk pembinaan pendidikan sosial dan politik masyarakat maupun pengembangan SDM.***

Baca Juga:  Kejari Aceh Selatan Didesak Usut Kasus Penganiayaan NN

source: Infopublik

Artikel ini telah dibaca 23 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

PERMAS For PALA Desak Bustami Hamzah Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur Aceh

20 Juli 2024 - 11:05 WIB

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

20 Juli 2024 - 08:56 WIB

SMAN 1 Blangjerango dan Koramil Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

20 Juli 2024 - 08:39 WIB

PBNU Terbitkan Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

20 Juli 2024 - 06:29 WIB

SMP Negeri 4 Kluet Timur Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Tahun Ajaran 2024/2025

20 Juli 2024 - 04:47 WIB

Pj Gubernur: Festival Rapai Aceh, Sarana Pelestarian Budaya

20 Juli 2024 - 04:09 WIB

Trending di News