Menu

Mode Gelap

Berita · 18 Mar 2023 WIB ·

FP USK dan Distanpang Sabang Tanda Tangan MoA di Kebun Salak


					FP USK dan Distanpang Sabang Tanda Tangan MoA di Kebun Salak Perbesar

Krusial.com | Sabang – Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang, Fakri, SE., M.AP menandatangi nota kesepakatan (MoA) dan implementasi (IA) kerjasama terkait pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi di Kebun Salak, Gampong Balohan Sabang, Sabtu (18/03/2023).

Penandatanganan naskah kerjasama tersebut turut disaksikan oleh para Dekan yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Bidang Pertanian Wilayah Barat dalam rangka field trip Pulau Weh Sabang.

Baca Juga:  Elemen Masyarakat Pijay Harapkan Ustad Am Kembali Ke Parlemen

Menurut Plt. Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FP USK, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, kerjasama yang dimaksud meliputi bidang akademik seperti implementasi program MBKM, bidang penelitian terkait pengembangan teknologi pertanian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.

Yasar menjelaskan bahwa kerjasama di Kebun Salak sekaligus untuk mengangkat sumber daya pertanian lokal. Menurut Kabid TPH Sabang, Yuliani, SP, didampingi Kasi Produksi, Widya, SP., M.Si, Salak Sabang ini telah mendapat Tanda Daftar Varitas Lokal dan sedang proses pelepasan varietas oleh Kementerian Pertanian RI.

Baca Juga:  FP USK dan Distanbun Aceh Lanjutkan Kerjasama Bangun Sektor Pertanian

Yuliani menjelaskan bahwa Salak Sabang merupakan komoditi unggulan Kota Sabang. Dari segi rasa, Salak ini memiliki rasa yang lebih gurih, renyah, dan manis dibanding Salak kebanyakan. Namun yang paling berbeda adalah dari segi ukuran buah yang relatif kecil.

“Tentunya belum lengkap kalau berdarmawisata ke Sabang kalau tidak membawa Salak khas ini sebagai oleh-oleh”, ujar Yuliani.

Selain meninjau Kebun Salak binaan Dinas Pertanian dan Pangan, rombongan BKS-PTN Bidang Pertanian Wilayah Barat juga meninjau industri coklat binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Sabang, Cokinol.

Baca Juga:  Buntut Kasus Penembakan Brigadir J, Tiga Perwira Polisi Dinonaktifkan

Turut hadir dalam acara tersebut Dekan dari , Universitas Samudra, Universitas Malikussaleh, Universitas Teuku Umar, Universitas Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Universitas Riau, Universitas Andalas, Universitas Jambi, Universitas Bengkulu, Universitas sriwijaya, Universitas Bangka Belitung, Universitas Lampung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Institut Pertanian Bogor, Universitas Siliwangi, Universitas Tanjung Pura, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Artikel ini telah dibaca 90 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional