Menu

Mode Gelap

Berita · 9 Apr 2022 WIB ·

For-PAS: Tambang Harus Mampu Gerakan Ekonomi, Lapangan Kerja dan PAD


					For-PAS: Tambang Harus Mampu Gerakan Ekonomi, Lapangan Kerja dan PAD Perbesar

ACEH SELATAN – Koperasi Serba Usaha (KSU) Tiega Manggis yang berada di Gampong Simpang Dua, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, telah dicabut Izinnya pada tanggal 06 Januari 2022 oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral/Menteri Ivestasi/ Kepala Badan Koordinasi/Penanaman Modal yang ditandatangani oleh Bahlil Lahadalia di Jakarta Tertanggal, 05 April 2022.

Dengan penetapan ini, surat Keputusan Nomor 540/DPMPTPS/1687/IUP-OP1./2020 Tanggal 11 Juni 2020 tentang Persetujuan Perpanjangan Pertama Izin Usaha Penambangan (IUP) Operasi Produksi Komoditas Bijih Besi DMP KSU Tiega Manggis di Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan seluas 200 Ha dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

“KSU Tiega Manggis adalah Koperasi Masyarakat Simpang Dua Manggamat yang Izinnya dibidang Mineral Bijih Besi. Koperasi ini di Modali oleh Perusahaan PSU (Pinang Sejati Utama sebagai bapak angkat koperasi) yang direktur awalnya adalah, Hj Latifah Hanum,” ujar Sukandi For-PAS (Forum Peduli Aceh Selatan)

Baca Juga:  T. Sukandi Koordinator For-PAS, Diduga PT. PSU Ekploitasi Emas, Sedangkan IUP Bijih Besi

“Tetapi dalam perjalanannya posisi Hanum sebagai Direktur PT PSU digantikan oleh Iwan Kurniawan (Anak Beny sebagai pemilik PT PSU),” Lanjut Sukandi.

“Tentu sebagai pemerhati kami sangat setuju atas Pencabutan Perusahaan-perusahaan besar yang berbentuk PT ini dengan alasan juridisnya yang dinilai perusahaan tersebut tidak ada kontribusinya sama sekali pada daerah maupun negara, yang ada mereka diduga meninggalkan utang pajak yang tidak sedikit, ” tutur Sukandi.

“Serta saya lebih sangat setuju lagi apabila pemerintah daerah pro aktif untuk memonitor dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan perusahaan besar lainnya yang ada di Aceh Selatan ini karena pemda tidak boleh apatis dengan alasan bahwa perusahaan itu bukanlah ranahnya Kabupaten, “ungkap Sukandi.

Baca Juga:  Polisi Berhasil Tangkap M. Nasir (Agam) DPO Kasus Pembunuhan Di Aceh Selatan

Sukandi meneruskan, “bagaimanapun perusahaan tersebut berlokasi dan operasionalnya di Kabupaten Aceh Selatan, maka hasil monitor dan evaluasi Pemda untuk rekomendasi ke pusat sangat penting sifatnya.”

“Saya sangat berharap Pemda tidak mengabaikan saran saya, karena apabila Pemda pasif atau diam saja maka tentu masyarakat akan menilai dengan menduga Pemda Aceh Selatan secara person atau pribadi turut serta bersekongkol dengan perusahaan besar ini secara bersama-sama merampok kekayaan Negara Republik Indonesia, ” tegas Sukandi.

Sementara ini, Sukandi mengatakan, di Manggamat masih terdapat dua perusahaan besar yang masih aktif karena masih mengantongi Izin operasionalnya

Adapun dua perusahaan yang masih aktif yakni:
1. PT. MULTI MINERAL UTAMA (MMU Direkturnya Wendi Kurniawan) IZIN di Bidang Produksi Mineral EMAS (DMP).
2. PT. BERI MINERAL UTAMA (BMU) Direkturnya ERMITATI anak Hj. Latifah Hanum dengan Izin Produsi Mineral Bijih Besi.

Baca Juga:  Jangan Ada Penumpang Gelap di Anggaran APBK Aceh Selatan, Ini Yang Terjadi di Kota Madya Banda Aceh

“Solusi saya tawarkan pada Pemerintah adalah Pemda lebih baik menfasilitasi kelompok masyarakat dalam pengelolaan sumber daya mineral yang ada di Aceh Selatan,” Saran Sukandi.

“Bila sumber daya mineral ini dapat dikelola dengan baik maka akan berdampak positif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat secara ekonomi, menyerap tenaga kerja tentu dengan sendirinya akan mengurangi pengangguran di Aceh Selatan dan yang lebih penting dari pada itu sektor PAD (Pendapatan Asli Daerah) Aceh Selatan akan jauh.” ungkap Sukandi.

Terakhir, Sukandi mengungkapkan, dari estimasi hitungan saya dengan berapa teman yang ahli, bahwa pendapatan di sektor mineral yang dikelola oleh rakyat secara manual dan tradisional ini dapat berkonstribusi untuk PAD Aceh Selatan puluhan milliar/tahunnya.” (*)

Artikel ini telah dibaca 148 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Mengenal Webbing Sling di Lingkungan Kerja

19 April 2024 - 04:35 WIB

webbing sling

Petualangan Outbound di Bandung: Wisata Aktivitas Terbuka yang Tak Terlupakan

15 April 2024 - 03:19 WIB

outbound bandung

Dunia Farmasi: Pengertian, Peran, dan Komunitasnya

12 April 2024 - 03:44 WIB

Sebuah Panduan Word of Mouth Marketing untuk Brand Owner

4 April 2024 - 01:01 WIB

JNE Berbagi Keberkahan di Ramadan 2024 

27 Maret 2024 - 05:27 WIB

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Pakai Jasa Instalasi AC Gedung dan Pabrik

27 Maret 2024 - 00:22 WIB

instalasi ac central
Trending di Berita