Menu

Mode Gelap

Budaya · 10 Mei 2022 WIB ·

Dua Destinasi Spot Wisata Di Aceh Selatan Kembali Masuk Nominasi 10 Besar API Award


					Dua Destinasi Spot Wisata Di Aceh Selatan Kembali Masuk Nominasi 10 Besar API Award Perbesar

ACEH SELATAN – Secara Live Zoom Youtube, Panitia API Award 2022 telah mengumumkan 10 besar Nominasi API Award 2022 dari 18 Kategori yang diperlombakan. Dari hasil yang diumumkan pihak panitia API Award 2022 semalam, dua Spot Destinasi Wisata Aceh Selatan masuk dalam Nominasi 10 Besar dari 18 Kategori yang diperlombakan dan yang usulkan untuk tahun 2022 ini.

“Dua Destinasi Spot Wisata Aceh Selatan kembali masuk Nominasi 10 Besar pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisawa dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia,
yaitu destinasi Wisata Benteng Trumon dan Destinasi Pulau Dua,” ucap plt. Kadis Pariwisata Aceh Selatan, Muchsin di Tapaktuan, Selasa (10/5/2022)

Muchsin melanjutkan, Destinasi Wisata Benteng Trumon mewakili kategori situs sejarah sementara Destinasi Wisata Pulau Dua dari Kategori Destinasi Kreatif.

Destinasi Wisata Benteng Trumon, Foto: Dinas Pariwisata Aceh Selatan

Dari dua usulan yang lolos ini lanjut Muchsin, pihaknya terus menggali kembali tentang potensi wisata sejarah yang ada di Aceh Selatan yang mana disini sudah adanya sejarah kerajaan Trumon yang masih memiliki bukti-bukti sejarahnya.

Baca Juga:  Terpesona Dengan Rencong Batu, Tim API Award Kunjungi Poltas

“Ini perlu kita jaga sebagai bagian dari cagar budaya yang harus kita lestarikan,” lanjutnya.

Sementara itu dari nominasi destinasi wisata kreatif pihaknya ingin mengembangkan spot wisata pulau dua yang sekarang sedang populernya dengan dermaga apungnya yang menjadi daya tarik bagi kaum milenial untuk berswa photo di pulau kecil ini.

“Voting suara nanti akan dibuka panitia pada tanggal 1 Juli 2022 hingga 31 Oktober 2022. Untuk dua destinasi kita yang masuk nominasi sudah diberi Keywordnya yaitu API.12 A untuk Situs Sejarah Benteng Trumon dan API.15H untuk Destinasi Kreatif Pulau Dua,” imbuhnya.

Destinasi Wisata Pulau Dua, Foto: Dinas Pariwisata Aceh Selatan

Muchsin menjelaskan bahwa pemkab Aceh Selatan sudah tiga kali dapat masuk dalam nominasi 10 besar Ajang Promosi Wisata API Award yang diselenggarakan secara Nasional. Tahun 2019 lalu Rencong Batu dan Surfing Samadua. Tahun 2022 Aceh Selatan juga masuk dalam Nominasi 10 besar dari 2 Kategori yaitu Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapaktuan Tapa.

Baca Juga:  HAMAS Dukung Pengembangan Objek Wisata Baru Di Aceh Selatan

“Kesuksesan yang diraih tahun 2021 dengan meraih 3 Penghargaan sekaligus dari kedua kategori tersebut yaitu juara 1 dan juga menyabet Juara Favorit yang diraih oleh Puncak Sigantang Sira, merupakan kontribusi yang sangat berharga dalam mengantarkan Provinsi Aceh Sebagai Juara Umum API Award tahun 2021. Semoga saja kesuksesan ini dapat kita ulang kembali,” harapnya.

Plt. Kadis Pariwisata Aceh Selatan, Muchsin saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (10/5/2022), Foto: ist

Ia melanjutkan kedua spot wisata yang masuk 10 besar nominasi API Award tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi penikmat wisata sejarah masa lalu, peneliti, ilmuan dan juga bagi pecinta tradisi tradisi etnik. Tak terlepas bagi kaum milenial kita juga mengangkat spot wisata pulau dua yang lagi populer sekarang ini di Aceh Selatan.

Baca Juga:  Dandim Aceh Selatan Beserta Jajaran Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

“Kami sangat mengharapkan dukungan ini terus mengalir nantinya disaat panitia sudah mulai membuka votingnya. Karena ajang API Award ini juga merupakan ajang promosi destinasi wisata secara Nasional namun demikian tanpa dukungan dari semua pihak, kesuksesan yang kita dambakan juga akan menjadi berat untuk diraih kembali. Terimakasih juga kami ucapkan kepada semua pihak yang sudah memberikan masukan serta bimbingan sehingga Aceh Selatan tahun ini dapat masuk kembali dalam dua kategori di Ajang API Award 2022,” tandasnya.(Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 178 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Menkominfo: Starlink Tak Dapat Insentif dari Pemerintah

19 Mei 2024 - 16:48 WIB

Elon Musk Resmikan Starlink di Puskesmas Bali, Jokowi Batal Hadir

19 Mei 2024 - 15:05 WIB

Presiden Jokowi ke Bali Buka KTT World Water Forum Ke-10

19 Mei 2024 - 14:08 WIB

BNPT Pastikan Keamanan World Water Forum ke-10 dari Aksi Terorisme

19 Mei 2024 - 08:15 WIB

Ada Dugaan Intervensi di Kasus Vina Cirebon, DPP GMI Kepolisian Minta Segera Propam Turun Tangan

19 Mei 2024 - 07:27 WIB

Kemenag: Berhaji Tanpa Izin Haji Terancam Denda 10.000 Riyal

19 Mei 2024 - 06:35 WIB

Trending di Nasional