Menu

Mode Gelap

Berita · 25 Mei 2022 WIB ·

Dispar Aceh Selatan, Nobatkan Agam-Inong Duta Wisata Aceh Selatan 2022


					Dispar Aceh Selatan, Nobatkan Agam-Inong Duta Wisata Aceh Selatan 2022 Perbesar

ACEH SELATAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pariwisata menggelar Pemilihan dan Malam Penobatan Agam-Inong Duta Wisata tahun 2022, Tapaktuan, Selasa (24/5/2022) malam.

Kegiatan pemilihan dan penobatan tersebut dipusatkan di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (24/5/2022).

Plt. Kadis Pariwisata Muchsin,ST, melalui ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Agam-Inong Duta Wisata Kabupaten Aceh Selatan Hj. Julidarsiah, SE mengatakan proses pendaftaran Pemilihan Duta Wisata di ikuti 23 peserta dimulai sejak tanggal 13 sampai 7 Mei 2022 yang dimulai dari tahapan proses seleksi Administrasi, ujian tulis, psikotes dan wawancara psikologi dilaksanakan oleh panitia tanggal 12 Mei 2022 menghasilkan 10 finalis untuk diseleksi kembali oleh tim juri pada tanggal 23 Mei 2022 yang lalu.

Rangkaian acara yang telah dilaksanakan selama 40 (empat puluh) hari dimulai dengan pendaftaran peserta, pembukaan acara seleksi, ujian tulis dan wawancara serta penjurian. Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2022, yang telah dibuka oleh Plt Kadis Pariwisata Muchsin.ST pada tanggal 12 Mei 2022, Pembekalan oleh Organisasi Ikatan Duta Wisata Agam Inong Aceh Selatan.

Baca Juga:  Sukses Kelola Dana BUMG, Gampong Pasie Merapat Ciptakan Lapangan Kerja Untuk Masyarakat

Semantara itu pada malam penobatan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan,Erwiandi S.Sos, M.Si saat menyampaikan sambutan Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran mengharapakan kepada Duta Wisata yang terpilih nantinya agar dapat membawa nama Aceh Selatan di tingkat propinsi serta dapat mengukir prestasi yang terbaik pada Ajang Pemilihan Agam Inong Duta Wisata Aceh Pada Tahun ini.

Bupati juga mengajak kepada seluruh Alumni Agam Inong Duta Wisata Aceh Selatan yang ada dari berbagai kecamatan di Aceh Selatan untuk dapat piawai dalam mempromosikan wisata daerah.

“Terutama pada potensi destinasi wisata produk pariwisata dan program kepariwisataan daerah sehingga industri pariwisata kita semakin berkembang,” harap bupati.

Lebih lanjut Pemerintah Aceh Selatan sangat mendukung pelaksanaan pemilihan Agam Inong Duta Wisata sebagai salah satu bentuk Pemasaran Pariwisata (Marketing Tourism) di Kabupaten Aceh Selatan, hal ini mengingat upaya untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan, diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, sehingga dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan yang mampu bersaing dan bersanding dengan destinasi wisata lain di Indonesia.

Baca Juga:  Antisipasi DBD, Anggota Kodim 0107/Aceh Selatan Bersihkan Lingkungan Asrama

Plt.Kadis Pariwisata Aceh Selatan Muchsin, ST. dalam kata sambutannya mengatakan, acara pemilihan Agam Inong Duta Wisata Kabupaten Aceh Selatan tahun 2022 dilaksanakan dengan melibatkan para Alumni Ikatan Duta Wisata Aceh Selatan sebagai panitia pelaksana.

Sehingga kolaborasi antara Dinas Pariwisata dan Ikatan Alumni Duta Wisata Ini akan menghasilkan perwakilan Agam inong Duta Wisata Aceh Selatan 2022, diharapkan bener bener bisa terpilih yang terbaik dengan sistem seleksi yang berjenjang dari segala aspek wawasan dan ilmu pengetahuan.

“Baik dari wawasan ilmu Keagamaan, kebudayaan, kepariwisataan, Penguasaan Bahasa Asing dan Psikologi, secara kompetitif, objektif,” ucapnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak pihak yang telah menyukseskan yang sudah berlangsung lebih dari 1 bulan ini. Baik kepada semua sponsorsip yang telah ikut membantu suksesnya acara ini, kepada panitia yang bekerja secara maksimal tanpa lelah dan juga kepada semua kawan kawan media yang terus ikut meliput mengabarkan proses seleksi Agam Inong Aceh Selatan secara terbuka sampai pada malam penobatan ini.

Baca Juga:  393 Calon Jemaah Haji Aceh Berangkat 24 Mei

“10 Finalis Pemilihan dan Penobatan Agam-Inong Duta Wisata Aceh Selatan 2022 malam ini, terpilih Agam Bambang Lesmana Dwi.P dan Inong Salsabila menjadi Duta Wisata Aceh Selatan 2022, setelah berhasil menyisihkan 9 finalis lainnya pada malam Grand Final pemilihan Agam-Inong Duta Wisata 2022, yang mengangkat tema, Agam-Inong Pionir Wisata Berkelanjutan,” lanjutnya.

Munchsin juga berharap, 10 finalis ini nantinya akan menjadi Ambasador pariwisata Aceh Selatan sebagai pionir dalam promosi dan pengembangan wisata Aceh Selatan.

“Dalam waktu dekat kita akan mengajak para Alumni Duta Wisata Aceh Selatan untuk menyukseskan Dua Destinasi Wisata Aceh Selatan yang masuk Nominasi 10 Besar di ajang Pesona Wisata Indonesia (API AWARD 2022) yaitu Situs Sejarah Benteng Trumon dan Destinasi Kreatif Pulau Dua. Harapan kita semoga saja perkembangan dunia kepariwisataan di Aceh Selatan semakin maju dan berkembang,” tandasnya.(Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 67 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional