Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Feb 2022 WIB ·

Disdagperinkop dan Polres Aceh Selatan Pantau Ketersediaan Minyak Goreng Pada Distributor dan Ritel


					Disdagperinkop dan Polres Aceh Selatan Pantau Ketersediaan Minyak Goreng Pada Distributor dan Ritel Perbesar

ACEH SELATAN – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Dan UKM Aceh Selatan bersama dengan Tim Reskrim Polres Aceh Selatan melaksanakan pemantauan harga dan ketersediaan minyak goreng di beberapa toko swalayan dan distributor di kota Tapaktuan.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian, Koperasi Dan UKM Aceh Selatan, T. Harida Aslim, SE. MM menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi kelangkaan dan keterserdiaan stok minyak goreng di Aceh Selatan.

Pelaksanaan pemantauan harga dan ketersediaan minyak goreng dilaksanakan dengan mengambil sampel pada empat toko swalayan yaitu swalayan Pante Cahaya, swalayan Rahmad Sejahtera dan dua swalayan Indomaret serta satu distributor minyak goreng yaitu PT. Alamjaya Wirasentosa.

Baca Juga:  Tokoh Pemuda Aceh Singkil, Surya Padli: Prof. Herman Fithra layak menjadi PJ Gurbernur Aceh

“Di kedua swalayan Indomaret harga jual minyak goreng masih sesuai dengan HET yaitu Rp. 14.000 perliternya namun stok masih kosong dan menunggu pengiriman dari Medan dengan jumlah yang terbatas yaitu 24 liter atau dua kotak sekali pengiriman,” ucap Kadisperindagkop Aceh Selatan, Sabtu (12/2/2022).

Sementara itu, lanjutnya, di swalayan Pante Cahaya dan Swalayan Rahmad Sejahtera ketersediaan minyak goreng masih ada dengan merek Samco dan Bimoli kemasan 1 liter dan 2 liter dengan stok terbatas dan harga jual masih diatas HET, hal ini dikarenakan kedua swalayan tersebut masih memiliki stok lama dan juga belum dilakukannya penarikan barang oleh pihak distributor sehingga pihak swalayan tetap menjual dengan harga yang lama.

Baca Juga:  BSI dan Baitul Mal Aceh Selatan Salurkan 500 Paket Buka Puasa

Pada PT Alamjaya Wirasentosa diperoleh informasi bahwa stok minyak goreng yang masih ada adalah bimoli sebanyak 84 jirigen (isi @ 18 liter). bimoli spesial isi @ 2 liter sebanyak 7 kotak. bimoli spesial isi @ 5 liter sebanyak 12 jiregen. 94 kotak bimoli kemasan 1 dan 2 liter dengan merek bimoli klasik dan spesial.

“Menurut supervisor dan kepala depo bahwa stok yang ada sampai sekarang adalah sisa barang pengiriman sebelum pemerintah menetapkan HET minyak goreng dan sampai saat ini pihak manajemen PT. Alamjaya Wirasentosa tetap mendistribusi sisa barang kepada outlet yang ada di Kabupaten Aceh Selatan dengan harga yang lama dengan melampirkan surat pernyataan kepada pihak outlet,” jelas Teuku Harida.

Baca Juga:  Pj Bupati Aceh Selatan Tinjau Penanggulangan Musibah Bencana Alam Trumon Raya

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Koperasi Dan UKM Aceh Selatan menegaskan, dengan telah ditetapkannya Peraturan Menteri Perdagangan R.I Nomor 06 Tahun 2022 diharapkan kepada pelaku usaha untuk mendukung program tersebut.

“Progam pemerintah dalam menstabilkan harga minyak goreng ini harus didukung bersama dengan tidak melakukan hal-hal yang berbenturan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya. (Safdar)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional