Menu

Mode Gelap

News · 10 Mar 2022 WIB ·

Diduga Beralih Fungsi, Libas Minta DPRK Bentuk Qanun RTH


					Diduga Beralih Fungsi, Libas Minta DPRK Bentuk Qanun RTH Perbesar

ACEH SELATAN – Koordinator LSM Lembaga Indenpenden Bersih Aceh Selatan (LIBAS) Mayfendri SE, meminta kepada DPRK Aceh Selatan agar segera bentuk tim perumus qanun tentang Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Taman Pala Indah Tapaktuan.

“Perlunya pembentukan qanun RTH mengingat kawasan tersebut diduga telah beralih fungsi dari kawasan hijau menjadi kawasan pusat perdagangan,” kata Mayfendri kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga:  Silaturahmi, Rafly Kande Serap aspirasi Masyarakat Kluet Aceh Selatan

Konon lagi lanjutnya, berdasarkan informasi tahun 2022 ini dikawasan dimaksud juga akan dibangun pusat jajanan serba ada (Pujasera) oleh Disdagperinkop dan UKM Aceh Selatan.

“Kita tidak mempersoalkan kawasan itu sejak beberapa tahun belakangan ini telah menjadi area jajanan dan kuliner,” ucapnya.

Tetapi sambungnya, setidaknya jangan sampai merubah fungsi RTH yang sebenarnya merupakan “paru-paru” kota atau wilayah yang dipenuhi tanaman hijau dapat menyerap kadar karbondioksida (CO2).

Baca Juga:  Rekrutmen KPPS di Aceh Selatan harus Transparan, PPK dan PPS diminta Netral

“Artinya, fungsi RTH itu untuk menambah oksigen, menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan tanaman, menjadi area resapan air, serta meredam kebisingan,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya qanun RTH sehingga kawasan itu akan kembali sesuai fungsi awalnya sejak dibentuk reklamasi pantai itu menjadi kawasan RTH.

“Oleh karena itu kita mendesak Ketua DPRK Aceh Selatan agar segera membentuk tim perumus tentang Qanun RTH tersebut,” pungkasnya. (Red)

Baca Juga:  Kepemimpinan Baru Aceh, Berharap Toserba Tak Kembali Berkuasa
Artikel ini telah dibaca 10 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Kantor Pertanahan Kota Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Budidaya Udang Secara Tradisional

24 April 2024 - 15:32 WIB

Terkait Gift Voucher Rp50 Ribu, APH Diminta GeRAK Aceh Barat Panggil PT AJB dan DPRK

24 April 2024 - 13:30 WIB

Sejumlah Gampong di Kluet Selatan Lakukan Sosialisasi Pembentukan BMG

24 April 2024 - 13:05 WIB

FJL Aceh Kembali Buka Sekolah Jurnalis Lingkungan Batch III Tahun 2024

24 April 2024 - 09:21 WIB

Diduga Hauling Batu Bara PT AJB Terindikasi Persekongkolan dan Sogok

24 April 2024 - 09:07 WIB

Prabowo Akan Lakukan Komunikasi Politik Demi Koalisi Yang Kuat

24 April 2024 - 07:04 WIB

Trending di Nasional