Menu

Mode Gelap

Berita · 5 Agu 2022 WIB ·

Baitul Mal Aceh Selatan Seleksi Calon Anggota, Ini Syaratnya


					Kantor Sekretariat Baitul Mal Aceh Selatan, Jalan Ahmad Yani, Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan, Photo : Safdar.S/ Krusial.com Perbesar

Kantor Sekretariat Baitul Mal Aceh Selatan, Jalan Ahmad Yani, Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan, Photo : Safdar.S/ Krusial.com

Krusial.com| Aceh Selatan – Baitul Mal Aceh Selatan(BMAS) telah membuka seleksi calon anggota untuk masa jabatan tahun 2023-2028, dengan jumlah maksimal 15 orang calon peserta.

Ketua Panitia Tim seleksi Kamarsyah, S.Sos.MM. mengatakan proses rekrutmen seleksi terbuka ini mengacu pada qanun Aceh Nomor 10 tahun 2018 tentang Baitul Mal sebagaimana telah diubah dengan qanun Aceh Nomor 3 tahun 2021 tentang perubahan atas qanun nomor 10 tahun 2018 tentang Baitul Mal.

” Paara calon yang diseleksi nantinya akan mengisi jabatan pimpinan di Badan Baitul Mal Aceh Selatan dengan syarat yang sudah ditentukan,” ucap Kamarsyah, Jumat (5/7/2022).

Berikut Syarat dan kriteria seleksi calon anggota baru Baitul Mal Aceh Selatan :

1. Warga Negara Indonesia
2. Bebas narkoba
3. Beragama Islam
4. Berdomisili di Aceh Selatan
5.Bertaqwa kepada Allah SWT
6. Amanah, jujur dan bertanggung jawab
7. Mempunyai integritas dan berahklak mulia
8. Mampu membaca Alquran’ dengan baik dan benar
9. Sehat jasmani dan rohani
10. Berusia paling rendah 35 tahun dan paling tinggi 60 tahun pada saat seleksi administrasi
11. Tidak menjadi anggota Partai Politik
12. Pendidikan minimal SLTA/sederajat
13. Tidak sedang merangkap jabatan tinggi manapun, jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan fungsional pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan maupun Pemerintah Provinsi Aceh.
14. Mempunyai kompentensi terhadap tugas dan fungsi Baitul Mal.
15. Memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan
16. Tidak pernah dijatuhi hukum pidana penjara karena melakukan kejahatan atau uqubat karena melakukan jarimah berdasarkan keputusan Makamah Syar’iyah yang telah mempunyai hukum tetap.
17. Melampirkan Surat Pernyataan.
Dan untuk persyaratan umum sebagai berikut:

Baca Juga:  Poltas Teken MoU Dudi dan PT Luar Negeri, Siapkan Tenaga Kerja Profesional

1. Surat permohonan yang ditujukan kepada Ketua Tim Indenpenden Panitia Seleksi calon keanggotaan badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan masa jabatan 2023-2028 ditulis tangan dan ditandatangani diatas materai 10.000 (format terlampir).
2. Pas photo terbaru berwarna biru ukuran 4X6 dan 3X4 (4 lembar).
3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP)
4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
5. Fotocopy Ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
6. Daftar riwayat hidup
7. Membuat Surat Pernyataan
a. Surat Pernyataan tidak terikat dengan Jabatan struktual pada lingkungan Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

Baca Juga:  Babinsa Kluet Utara Dampingi Petani Mengolah Lahan Sawah

b. Surat Pernyataan tidak terlibat Partai Politik.

c. Suart Pernyataan tidak pernah dijatuhkan hukuman pidana penjara karena melakukan kejahatan/atau uqubat karena melakukan jarimah berdasarkan keputusan Makamah Syar’iyah yang telah mempunyai ketetapan hukum tetap.( dibuat dalam satu surat yang menjelaskan 3 poin pernyataan, yang bertanda tangan dengan menggunakan materai 10.000) format terlampir

8. Surat keterangan kesehatan dan surat keterangan bebas narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah atau BNN Kabupaten Aceh Selatan

Baca Juga:  Stadion H Dimurthala Mulai Direnovasi

“Melalui rekrutmen ini diharapkan nantinya akan terpilih orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang pengelolaan zakat, infak, dan wakaf. Artinya yang terpilih yaitu orang-orang yang mengerti persoalan umat dan mampu menjalankan amanah terhadap pengelolaan harta umat tersebut,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Sekretariat Baitulmal Aceh Selatan drh.Asrijal Junaidi mengatakan, bahwa target pertama untuk calon seleksi ini maksimal 15 peserta dan dari 15 orang tersebut akan diseleksi oleh Bupati Aceh Selatan sebanyak 8 orang, kemudian dari delapan itu akan ditunjuk 5 orang saja oleh Anggota DPRK Aceh Selatan, sebutnya.

” Untuk pendaftaran dibuka dari tanggal 15 sampai 19 Agustus 2022, untuk informasi lebih lengkap kunjungi website baitul mal aceh selatan dengan alamat : www.baitulmal.acehselatankab.go.id,” tutupnya. (Safdar.S)

Artikel ini telah dibaca 382 kali

KRUSIAL badge-check

Penulis

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Krusial.com dan Ikuti Berita Lainnya di Google News
Baca Lainnya

Ketua LPPM USK Apresiasi Aktivitas PR-ITP

20 Juni 2024 - 08:36 WIB

Tgk. Muhammad Ridho Agung Wisudawan Terbaik 2024 Universitas Paramadina

19 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ribuan Warga Padati Acara Open House Idul Adha di Kediaman Haji Mirwan

19 Juni 2024 - 11:04 WIB

Mulai Hari Ini SIM Mati Bisa Diperpanjang Tak Perlu Bikin Baru

19 Juni 2024 - 07:13 WIB

Ada Enam Strategi Nasional Kemenkes Tanggulangi DBD di Indonesia

18 Juni 2024 - 15:09 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

18 Juni 2024 - 15:02 WIB

Trending di Kesehatan